Loading...
Saturday, December 9, 2017

Menerbitkan Buku Gratis di Nulisbuku.com


Kebelet menerbitkan buku? Solusinya indie. Mau yang gratis? Di Nulisbuku.com solusinya.

Saya bukan mau mempromosikan penerbit indie satu ini, cuma mau share saja tentang pengalaman saya menerbitkan di penerbit yang mengklaim sebagai the 1st online self publishing print on demand in Indonesia ini.

Beneran gratis? Iya. Tapi tetap saja kalau ingin memiliki buku cetaknya kita harus membeli. Tahu kan, konsekwensi menerbitkan indie?

Dalam hal ini, Nulisbuku.com hanya berperan sebagai pencetak saja. Tidak ada campur tangan mereka dalan urusan editing, layout ataupun desain sampul. Kalau mau pakai barcode dan bernomor ISBN (International Standard Book Number) ya musti mengurus sendiri. Tapi menurut saya sih, buku indie tidak perlu ribet pakai ISBN segala. Tapi kalau mau pakai ISBN sebagai identitas dan pengakuan perpusnas sebaiknya pakai jasa penerbit indie yang berbayar.

Kembali ke Nulisbuku.com. Sebagaimana umumnya penerbit indie, Nulisbuku.com tidak menolak naskah apapun atau tidak menyeleksi naskah yang akan diterbitkan. Nulisbuku.com menyediakan template yang bisa diunduh di website-nya, baik itu template sampul atau pun template layout isi berbentuk file MS Word.

Sebagai penulis, kita diharuskan menyetting sendiri naskah kita menyesuaikan template yang tersedia. Begitu juga mendesain sampul sesuka kita. Setelah dirasa fix, maka kita bisa menerbitkannya melalui Nulisbuku.com. Kita kunjungi web-nya, registrasi, lalu upload naskah dan sampul. Harga pun kita yang menentukan setelah mengetahui harga modal awalnya. Selisih harga modal dengan harga jual itulah keuntungan kita.

Setelah buku kita LIVE atau terbit, maka Nulisbuku.com menganjurkan agar kita membeli buku kita sendiri dulu untuk proof reading agar kita yakin bahwa buku kita benar sudah laik jual. Setelah itu, kita bisa promo sesuka kita. Lewat media sosial atau pun promo offline ke teman-teman kita.

Nah, sudah ada gambaran tentang Nulisbuku.com kan? Untuk yang minat menerbitkan bisa kepoin dulu website-nya. Informasi dari saya memang masih minim, kejelasannya bisa langsung ke lokasi.

Kalau kita merasa kesulitan dalam menyetting buku, kita bisa mengontak admin Nulisbuku.com, karena mereka juga melayani jasa setting bahkan sampai mengurus ISBN. Tapi ketika kita memilih berbayar penerbitannya, banyak pilihan self publishing lain yang bisa kita pilih. Tunggu di postingan-postingan yang akan datang, insya Allah.

6 komentar:

  1. Hmmm...agak ribet deh klo ISBN harus ngurus sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Utk ISBN memang harus pakai jasa, soalnya harus penerbit yg berbadan hukum yg bisa mengajukan.

      Delete
  2. baru keliatan lagi tulisannya, heee
    Infonya bermanfaat cheer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Libur 2 post. Agak nyesel juga sih gak bisa konsisten.

      Delete
  3. Info yg bermanfaat mas,
    Trimaksih utk infonya.. 👍

    ReplyDelete

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP