Loading...
Wednesday, December 20, 2017

Goloso Geloso, Novel Ciamik Serenyah Kentang Goreng


Judul : Goloso Geloso
Penulis : Tanti Susilawati
Penerbit : Gagas Media
Tebal : vi + 310 halaman
ISBN : 9789797803216
Genre : Fiksi / romace / umum


"Ketika kau memperoleh keinginanmu, kau kehilangan yang kau miliki."

Keren, ya, kata-katanya? Pintar dan cerdas Tanti Susilawati memberi gambaran statement dari keseluruhan isi novel oke punya ini. Goloso Geloso, pertama kali membaca judulnya, saya bahkan tidak terbayang apapun akan apa isi novel setebal total 316 halaman ini. Saya juga baru sekali ini melihat dan menjumpai dua kata yang digunakan untuk judul novel terbitan Gagas Media ini. Sampul bernuansa klasik dengan dua cangkir imut bertaut dan background bangunan khas negara Italia ini ternyata sukses membuat saya penasaran dengan isinya.

Italia. Benar, novel ini setting-nya di negara kiblat model dunia itu. Goloso Geloso ternyata juga berasal dari bahasa Italia yang kalau diartikan goloso adalah rakus sedangkan geloso artinya pencemburu. Tambah mubeng-mubeng tidak keruan kalau mau menebak apa isi tulisan karya Tanti Susilawati ini.

Novel ini berkisah tentang Larasati, seorang mahasiswi penerima beasiswa dari Indonesia tercinta. Larasati menjalin hubungan dengan Chicco, seorang pria baik hati yang semula hanya kenal lewat alam maya alias chatting. Cerita diawali ketika Larasati pindah dari Perugia ke Milan untuk melanjutkan study-nya. Dan di sana sudah menanti Chicco yang akan mengajaknya bertualang dalam sebuah kisah keren.

Chicco memperkenalkan Larasati pada keluarga besarnya yang sangat memuja AC Milan. Iya, Itali selain kiblat dunia model juga tidak bisa lepas dari sepak bola. Dan kerennya, Tanti Susilawati memasukkan unsur bola dengan sangat cantik. Yakni dengan memunculkan sebuah kenyataan bahwa Larasari adalah penggila Inter Milan. AC Milan dan Inter Milan adalah klub yang senantiasa berseteru, saudara yang tidak pernah akur. Perbedaan ini pun menjadi kisah unik dalam cinta Larasati dan Chicco, selain perbedaan-perbedaan lain yang berhasil diusung Tanti Susilawati dengan baiknya.

Kita juga akan dimanjakan dengan sajian deskripsi sudut demi sudut kota Milan, di mana si pria Italia itu mengajak kekasihnya mencicipi kemegahan kota ini. Hadirnya foto-foto lokasi beberapa tempat di Milan membuat novel ini juga serasa novel traveling yang sarat wawasan seputar budaya dan keseharian di sana.

Selain kisah cinta Larasati dan Chicco yang penuh perbedaan, terselip juga para tokoh pendukung yang tak kalah seru dan membuat semakin hidup novel ini. Sebut saja Kayla, cewek teman sekamar Larasati di apartemen yang suka asal ngomong. Juga hadir tokoh Pipo dengan sekeping kisah tragedi dan sekelumit kisah manis di tengah-tengah kehidupan cinta Larasati.

Dari segi penyampaian, pemilihan kata, kalimat-kalimatnya, semua sempurna menurut saya. Pokoknya setiap lembarnya adalah deretan huruf yang sangat gurih dinikmati. Bahasa yang enak dibaca, kalimat menggetarkan, brilian dan cerdas sekali. Tidak akan rela melewatkan tiap jengkal hurufnya.

Goloso Geloso adalah novel dengan garapan yang ciamik. Alurnya seru dan sangat asik dinikmati. Ide dengan penyajian yang segar. Bahkan tidak dijumpai kekurangan dalam cerita yang disajikan. Asik untuk dibaca remaja dan dewasa. Gagas Media adalah jaminan tersendiri akan kualitasnya. Saya juga jamin, Anda akan dibuat puas dengan membacanya.

Setelah selesai membaca seluruh isi novel ini, maka kita akan mengiyakan, "Ketika kau memperoleh keinginanmu, kau kehilangan yang kau miliki."

10 komentar:

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP