Loading...
Sunday, December 31, 2017

Lompatan 2017 Menuju 2018


Resolusi? Setiap jelang pergantian tahun, pasti akan banyak manusia menuliskan resolusi yang akan dicapai di tahun yang akan tiba. Segala macam target yang akan diraih, cita-cita yang harus diwujudkan, keinginan kuat yang dituju. Dan semua itu diharapkan menjadi penguat diri agar bisa merealisasikan semua yang dijadikan list resolusi.

Pentingkah? Saya sendiri belum pernah menargetkan resolusi tahunan seperti itu. Lalu apa saya harus ikut-ikutan membuat resolusi? Jujur saya lebih suka melalui hari-hari dengan jalan apa adanya, mengalir seperti air.

Belakangan ini saya mulai berpikir tentang penting nggak pentingnya menulis resolusi seperti yang dibuat orang-orang, para sahabat, dan teman-teman maya. Saya memang sudah melalui tahun demi tahun dengan tidak menargetkan apa-apa. Dan, apa saja yang saya jalani dan saya dapatkan ya tidak pernah saya gambarkan. Akhirnya, saya menjumpai juga keterbengkalaian apa-apa saja yang pernah saya impikan. Dan itu terbengkalai karena saya tidak menguatkan tekad untuk mencapainya.

Tahun 2018. Tidak terasa sudah di depan mata. Sedihnya saya yang pernah mimpi bisa menyelesaikan novel ternyata sama sekali tidak kesampaian. Nampaknya tahun 2018 saya harus menargetkannya. Ya, saya mulai berpikir untuk menjadikannya resolusi agar tercapai!

Terus... betapa sepinya karya saya yang lolos ke media massa. Belakangan ini saya belajar konsisten menulis di komunitas One Day One Post. Dan semangat itu muncul lagi, semangat menulis! Tampaknya saya harus menulis sebagai resolusi kedua: menyerbu media massa dengan tulisan saya.

Ngeblog? Salah satu persyaratan mengikuti komunitas ODOP saya memang diharuskan aktif lagi menulis di blog. Dan untuk tahun 2018 tampaknya harus ada peningkatan. Niche blog atau tetap gado-gado? Atau... oh iya, mempelajari potensi agar bisa diterima Google AdSense, secara saya awam dalam hal itu. Siapa pun, bantu saya dong agar bisa mewujudkannya!

Selain mewajibkan menulis di ODOP, di akhir tahun 2017, saya juga ikut Reading Challenge ODOP (RCO) yang mewajibkan setor bacaan. Nah, nah... saya akan berusaha melanjutkannya, meski mungkin nanti saya tidak lulus tingkatan RCO, saya akan berusaha tetap menarget bacaan harian. Sayang buku di rak banyak yang belum tersentuh.

Jadi dalam dunia kepenulisan, saya akan berusaha mewujudkan target berikut ini:

1. Merampungkan novel.
2. Mengirim tulisan ke media massa.
3. Blog diterima Google AdSense.
4. Membaca buku setiap hari minimal 20 halaman.

Lalu, untuk target di luar kepenulisan? Akan saya rembuk bersama istri, hehe. Target bisnis, target dalam keluarga, target dalam memperbaiki ibadah. Semoga Allah memberikan kemudahan. Allohumma aamiin.





4 komentar:

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP