Loading...
Monday, December 18, 2017

Merawat Kebiasaan Membaca

Membaca buku adalah aktivitas yang sangat bermanfaat. Dari membaca buku kita akan mendapatkan banyak pengetahuan, bisa tahu dunia meski tidak pergi ke mana-mana. Sebagian kita memang suka membaca tapi sering kali ketika kesibukan makin padat, kebiasaan membaca buku pun sirna perlahan-lahan.

Kebiasaan membaca memang harus dipelihara karena jika tidak, kita akan mulai meninggalkannya ketika memang sedang banyak kesibukan. Pekerjaan yang tidak ada selesainya, waktu yang terasa makin sempit, bahkan kesengajaan kita mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan lain yang tidak bermanfaat. Untuk itu perlulah kiranya kita pelihara rasa suka membaca kita.

Berikut tips agar kita tidak bosan membaca:

1. Meniatkan diri untuk membaca.
Misalnya kita punya buku baru, kita harus benar-benar meniatkan untuk menyelesaikan bacaan itu. Kalau tidak, maka bisa jadi baru membaca awal-awal halaman, kita taruh buku karena ada pekerjaan lain, lalu kita lupa dengan buku itu. Maka niatkanlah untuk menyelesaikannya.

2. Usahakan ada waktu khusus dalam sehari.
Kalau tidak meluangkan waktu, maka aktivitas ini akan tenggelam seiring banyaknya kesibukan kita. Bangun tidur sampai tidur lagi, buku terlewat. Tapi jika kita menempatkan waktu khusus untuk membaca, maka kita bisa memelihara kesukaan kita pada buku ini.

3. Membaca buku yang memang kita sukai.
Tidak semua buku bisa cocok dengan seseorang. Ada kala kita lebih suka fiksi dan enggan membaca non fiksi, maka manjakanlah diri dengan bacaan-bacaan fiksi. Pun sebaliknya, bagi penyuka non fiksi, peliharalah kegemaran membaca dengan selalu meluangkan waktu bersama buku non fiksi.

4. Senanglah jalan-jalan ke toko buku atau pameran buku.
Ini bisa memberi kesegaran jiwa. Ketika melihat buku-buku dengan jumlah yang luar biasa banyak, maka akan termotivasi diri untuk membaca. Seberapa buku yang sudah kita selesaikan jika dibandingkan dengan tumpukan buku di rak-rak toko buku atau bazar-bazar.

5. Menulislah.
Ya, dengan menulis, maka kita akan membutuhkan referensi-referensi, sehingga buku bisa jadi teman saban hari. Tulislah apa yang terinspirasi dari buku bacaan kita. Tapi jangan plagiat tentunya. Kita menulis dengan spirit yang kita ambil dari bacaan-bacaan kita. Siapa tahu kita bisa menerbitkan buku, wah mantap kan...

6. Jalin pertemanan dengan komunitas penyuka buku.
Saat ini, media sosial sudah sangat familiar bagi kita. Nah, berkumpullah di dunia maya dengan para penyuka buku, baik komunitas penulis atau pembaca buku. Kita bisa saling berbagi info tentang buku, termasuk rekomendasi buku-buku bagus dan sebagainya.

Masih banyak cara agar kita bisa menjaga kebiasaan membaca buku. Yang jelas, kita memang harus mencurahkan waktu dan kecintaan kita pada aksara. Semoga bermanfaat, ya.... Atau Anda punya tips lain? Silakan share di kolom komentar. Salam literasi.

6 komentar:

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP