Loading...
Monday, December 25, 2017

Ketika Teman Menerbitkan Buku


Pernah tahu-tahu di-tag teman yang baru saja launching buku? Bisa itu buku yang memuat tulisan teman kita yang lolos sebuah antologi. Bisa juga tulisan itu adalah buku solonya. Bahkan tag itu menawarkan pre-order pembelian sebelum diterbitkan. Lalu apa reaksi kita? Ada beberapa reaksi yang biasa muncul dari peristiwa ini. Barangkali beberapa reaksi berikut ini bisa kita lakukan menyikapi hal tersebut.

1. Mengucapkan selamat

Harusnya wajib seperti ini. Ucapan selamat dari kita kepada teman adalah bentuk apresiasi atas terbitnya buku tersebut. Paling tidak kita like postingan promosi mereka.

2. Turut mempromosikan

Ini juga reaksi yang bagus saat mendapati diri dalam tag teman kita tersebut. Membantu promo dengan membagikan kirimannya, atau memposting ulang dengan merekomendasikan kepada teman-teman kita yang lain.

3. Membelinya

Harapan dari tag si penulis tentu saja agar kita bersedia membelinya. Membeli berarti menghargai hasil karya teman tersebut. Ini bisa makin mengeratkan hubungan pertemanan. Dan pasti membuat teman kita bersemangat lagi dalam menulis.

4. Jangan sekali-kali minta gratisan

Ini sering saya jumpai pada komentar di postingan pre-order maupun promo buku baru. Adakah yang salah dengan kita minta gratisan bukunya? Ya. Ini kesalahan fatal menurut saya.

Cobalah kita merasakan kalau di posisi teman kita. Baru juga promosi, eh, teman yang diharap ikut membeli malah komentar minta gratisannya. Betapa kasihannya. Apalagi kalau buku terbit secara indie (penerbitan mandiri), yang bahkan harus bayar saat menerbitkannya atau harus beli sendiri kalau si penulis ingin memiliki buku sendiri.

Sebaiknya jangan sekali-kali minta gratisan. Apa kita tidak tahu betapa terjalnya proses penulisan sampai terbit buku itu? Hargailah karya teman, meski kita belum bersedia membeli, jangan sampai meminta jatah gratisan.

5. Buat review di blog kita

Ini adalah support  yang bagus sebagai teman. Setelah membeli dan membacanya, buatlah ulasan tentang buku itu dan post di blog pribadi kita. Buat semenarik mungkin dan komporin pengunjung blog agar ikut membelinya.

6. Doakanlah

Doakan agar laris. Doakan agar lekas menerbitkan lagi buku-buku berikutnya. Doakan rezeki teman kita kian bertambah. Doakan teman kita agar bisa konsisten menekuni dunia kepenulisan agar bisa menginspirasi dunia dengan pena dan bermanfaat bagi semua.

Nah... jangan salah, ya, dalam bersikap. Bahagiakan teman kita agar kita pun berbahagia. Semoga dengan melihat teman kita berkarya, maka bisa jadi pelecut diri kita untuk turut menelorkan karya kita.

13 komentar:

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP