Loading...
Sunday, December 16, 2018

Menakar Daya Baca



Grup WhatsApp RCO (Reading Callenge ODOP) 4 kedatangan tamu, Adi Wahyu Adji, motivator baca Indonesia dan juga pencetus kegiatan One Week One Book. Bincang Online dengan tema Membaca di Sela Kesibukan ini digelar pada hari Ahad, 9 Desember 2018 pukul 20.00 WIB.

Sebagai pembuka, ada 2 hal utama yang disampaikam Mas Adi. Pertama, yaitu bahwa minat baca saja tidak cukup, perlu DAYA BACA. "Minat baca relatif mudah ditumbuhkan," kata Mas Adi. "Dan sekarang pun juga sudah banyak event atau program yang berupaya menumbuhkan minat baca. Tetapi minat baca itu berbeda dengan DAYA BACA. Ketika seseorang sudah minat membaca, lalu mengambil sebuah buku untuk dibaca, belum tentu dia bisa menghabiskannya. Belum lagi soal jangka waktunya, berapa lama waktu yg diperlukan untuk menamatkan 1 buku. Apakah bisa 1 buku tamat dalam 1 minggu? Atau perlu sampai 1 bulan? Atau malah lebih? Nah, itulah yg namanya DAYA BACA."

Menurutnya, kalau DAYA BACA seseorang bagus, maka dalam 1 minggu 1 buku itu bisa dan biasa selesai baca.

Hal kedua, yaitu perlunya Pengetahuan dan Pemahaman tentang ILMU BACA. Ilmu baca itu ada. Sayangnya jarang yang mengajarkan. Kalaupun ada, mahal biayanya.

Mas Adi kemudian memberikan menunjukkan gambar berikut ini:


"Itu salah satu buku klasik dan lengkap tentang membaca. Ada banyak lagi buku-buku tentang membaca," katanya.

Mas Adi mengibaratkan keterampilan membaca itu mirip dengan keterampilan mengemudi mobil. "Kalau tidak tahu ilmunya, sampai kapan pun tidak akan bisa mengendarai mobil."

Setidaknya, ilmu baca itu ada 4. Yaitu: Teknik Membaca Cepat, Teknik Memilih Buku, Teknik One Week One Book, dan Teknik Review Buku. "Kalau belim tahu tentang itu semua, atau baru sebagian, wajar jika akhirnya banyak kesulitan dan juga tidak semangat dalam membaca," simpul Mas Adi.

Mas Adi sedikit mengulas tentang membaca cepat yang artinya meningkatkan kecepatan membaca kita. Rata-rata kecepatan membaca itu 150-300 kata per menit. Dengan membaca cepat, bisa dua atau tiga kali lebih cepat.

Berpindah genre adalah salah satu teknik untuk menghilangkan kejenuhan saat membaca. "Bahkan saya biasa membaca 2-3 buku secara paralel (bersamaan) tanpa menunggu menyelesaikan satu per satu dulu," katanya.

Sementara terkait rasa malas membaca, Mas Adi mengatakan bahwa hal itu bisa terjadi dari banyak faktor. "Salah satu sebab yang sering saya temui misalnya karena kesalahan dalam memilih buku yg mau dibaca. Biasanya ini membaca karena mengikuti tren. Akhirnya tdk tahu kenapa (why) harus membaca buku itu," begitu penjelasannya.

Supaya konsisten, lanjutnya, kita harus punya banyak motivasi membaca. Mas Adi lalu mempersilakan membaca ebook One Week One Book miliknya sebagai salah satu referensi. "Ini link-nya, http://bit.ly/Ebook_OWOB_05 , unduh cuma-cuma, dan boleh disebarluaskan," tawarnya.

Sebagai penutup, Mas Adi menyampaikan, "Setiap hari kita pasti tidak lupa untuk MAKAN dan MINUM. Mengapa? Karena kita sadar bahwa tubuh kita butuh itu semua agar kita tetap sehat dan hidup. Namun, sadarkah kita bahwa selain fisik, kita juga dikaruniai pikiran (otak). Dan pikiran sebenarnya perlu juga mendapatkan makanan. Itu sebabnya ada orang-orang yang punya wawasan yang luas sekalipun mungkin fisiknya biasa saja. Karena dia selalu memberikan makanan untuk pikiran (otaknya). Jadi, kalau kita ingin pikiran kita luas dan selalu hidup, maka jalannya mudah masukkanlah informasi ke dalam otak. Tentunya bukan sembarang informasi. Dan salah satu sumber informasi serta pengetahuan yg baik adalah dari buku."

Sebuah pencerahan tentang hobi membaca yang ternyata memang harus dipelihara agar tidak menghilang begitu saja saat kesibukan melanda. Untuk lebih kenal dengan Mas Adi, silakan pantau Instagram-nya, @adi_wahyu_adji.

Selamat membaca.

6 komentar:

  1. Mantap. Dapat suntikan motivasi tentang ilmu baca. Untuk meningkatkan DAYA BACA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Pak Parto. Ternyata saya selama ini masih sebatas minat membaca. Hehehe.

      Delete
  2. Super...terimakasih e book nya
    Harus diprogramkan ini

    ReplyDelete
  3. Duh... Minat dan daya baca saya menurun drastis belakangan ini. 1 buku bisa berminggu2. Banyakan baca status๐Ÿ˜…. Btw, kemampuan baca adalah 300 kata per menit. Fiksi nini 500 kata. Dengan kata lain fiksi mini adalah cerita yang harusnya selesai dibaca dalam 2 menit. Duh, maafkan komen sata yg ngalor ngidul ini๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, Mbak Sabrina, kita semangat membaca lagi. :>)

      Delete

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP