Loading...
Sunday, January 21, 2018

2 Hal Dasar pada Blogger untuk Pemula di ODOP


Ketika awal bergabung dengan komunitas ODOP (One Day One Post), maka satu kewajiban para anggota adalah memiliki blog, boleh di blogger ataupun di wordpress. Dan ketika sudah memiliki blog dan bersiap mengikuti ritme harian di ODOP, kadang para newbie atau pemula banget, masih sering dibuat bingung. Salah satu kewajiban harian di ODOP adalah blog walking atau saling kunjung blog dengan sesama peserta. Inilah upaya agar terjalin ikatan tambang keluarga besar ODOP.

Blog walking sebagai sarana saling mengenal dan ajang silaturahim, mengharuskan sesama blogger untuk menjadi pengikut atau follower blog lainnya, dan meninggalkan komentar berupa kritik dan saran serta tanggapan pada posting-an yang ditulis teman-teman. Dan ternyata pada dua hal ini masih ada yang sering bingung.

Setelan Blog Agar Siapa Saja Bisa Berkomentar

Seringkali peserta awam bertanya-tanya, "Kok saya tidak bisa komentar di blog si A, ya?". Atau bertanya sebaliknya, "Kok kata si B, dia nggak bisa komentar di blog saya, kenapa kira-kira?"


Besar kemungkinan, pengunjung blog kita tidak hanya pengguna blogger, maka ketika ada yang mengeluhkan tidak bisa komentar, ada baiknya pemilik blogger memastikan setelan komentar di blognya diset agar bisa dikomentari siapa saja termasuk anonim. Untuk itu cobalah masuk ke blogger dan ikuti langkah berikut:

1. Masuk ke menu Setelan.
2. Pilih Postingan, komentar dan berbagi.
3. Pada setelan Komentar pertanyaan Siapa yang dapat mengomentari? Pilih saja Semua Orang - termasuk Pengguna Tanpa Nama
4. Pada pilihan Moderasi komentar pilih Tidak pernah.
5. Jangan lupa klik Simpan setelan.



In sya Allah, setelah mengatur setelan sedemikian rupa, maka tidak akan ada lagi yang mengeluhkan tidak bisa berkomentar. Kecuali kalau jaringan internet pengunjung sedang tidak bagus. Tidak ada bimbang lagi untuk melanjutkan ng-ODOP.

Menampilkan Gadget Followers

Sebagian pendaftar ODOP adalah blogger pemula yang bahkan tidak bisa memasang gadget Followers atau Pengikut di blog mereka. Padahal salah satu keharusan di ODOP adalah saling follow blog teman-teman.

Sebenarnya sangat mudah menampilkan gadget Followers, ikuti petunjuk berikut:

A. Buka pengaturan Tata Letak di halaman beranda blogger.
B. Pilih tempat sesuka kita pada link Tambahkan Gadget.
C. Akan muncul pilihan gadgetnya, pilih Pengikut.
D. Pilih judul gadget atau biarkan default Followers, simpan.



Mudah sekali, bukan? Semoga setelah membaca tulisan ini, para newbie di ODOP dapat tercerahkan. Agar merasakan nyaman tinggal dan berproses di bawah rindang pohon besar One Day One Post.

#30DWC day11

19 komentar:

  1. Semoga banyak yang terbantu dan tidak bingung lagi dengan blog masing-masing ya mas Wakhid ^^

    ReplyDelete
  2. bermanfaat sekali, obrolan di group bisa jadi ide tulisan... keren mas wahid

    ReplyDelete
  3. mantap, makasih Mas Wakhid. Tulisannya bermanfaat buat teman2 yg lain (c)

    ReplyDelete
  4. Bagi saya yang pemula, tulisan ini sangat sangat bermanfaat... Trimksih..

    ReplyDelete
  5. Terimakasih mas, tulisannya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  6. Solutif nih mas wakhid, jenengan ngeten 👍
    😄😄

    ReplyDelete
  7. Makasih, Mas. Tulisannya tentang ODOP selama ini bagus dan informatif. Berasa lagi masuk grup besar odop beneran wkwk

    ReplyDelete

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP