Loading...
Monday, October 22, 2018

Serunya Bermain Sambil Belajar



Judul buku : Kumpulan Games Cerdas & Kreatif
Penulis : Arini Yuli Astuti
Penerbit : Pustaka Anggrek, Galangpress, Yogyakarta
ISBN : 978-602-8328-54-8
Tebal : 120 halaman

Bermain sambil belajar atau education playing untuk anak-anak sangat besar sekali manfaatnya. Bisa memperkuat daya ingatnya dan ilmu yang diserap akan bertahan lama hingga mereka dewasa nanti.
(Eny Esyta Kolopaking, Psikolog & Kreator Pendidikan,, Direktur PUSPADANTA, Yogyakarta)

Masa kecil adalah masa bermain. Kadang sebagai orangtua kita menganggap banyak bermain bisa melupakan belajar. Wajar sih, namanya juga anak, kalau sedang keasyikan bisa lupa waktu untuk belajar.

Buku berjudul Kumpulan Games Cerdas & Kreatif ini tampaknya bisa jadi satu bahan bacaan wajib bagi kita, para orangtua, terlebih pada para pendidik di sekolah-sekolah. Segudang permainan cerdas bisa kita terapkan untuk anak usia sekolah (1-15 tahun), baik secara individu maupun berkelompok.

Buku yang ditulis oleh Arini Yuli Astuti ini berisi kumpulan permainan anak yang dipilah jadi dua kategori berdasarkan lokasi bermain, yakni di dalam dan di luar ruangan. Penyajiannya seserhana dengan alat dan bahan yang relatif mudah didapatkan, pasti akan memudahkan setiap orangtua dan guru untuk menerapkannya pada anak.

Para psikolog dan praktisi pengembangan potensi anak telah banyak memaparkan pendapat terkait manfaat bermain pada anak. Manfaat yang didapat tidak sekadar cakupan aspek fisik, tapi lebih dari itu, mencakup jiwa dan emosional anak.

Bermain baik bagi perkembangan dan kesehatan tubuh anak, juga berpotensi merangsang kecerdasan sosial anak. Sebagai wadah mengekspresikan diri dan kebebasan berpikir, permainan turut andil memantapkan aspek emosi atau kepribadian anak.

Dalam rentang pertumbuhan anak, rangsangan perkembangan aspek kognisi perlu diperhatikan. Aspek ini mencakup daya nalar, kemampuan berbahasa (verbal dan nonverbal), daya cipta atau kreativitas, dan daya ingat. Ini bisa kita rangsang dengan permainan yang bersifat edukatif. Pembelajaran dengan metode kaku atau terlalu serius akan membuat anak tertekan, yang berimbas ke psikologis anak.

Buku ini membantu meningkatkan pertumbuhan IQ, EQ, dan fungsi motorik anak dengan berbagai games seru. Setiap permainan dibahas secara detil, seperti jumlah anak yang bisa bermain, waktu yang dibutuhka , bahan yang digunakan serta apa manfaat yang akan didapatkan.

Permainan-permainan ini terbukti bisa meningkatkan rasa percaya diri, kemampuan komunikasi, kecerdasan otak, logika berpikir, dan daya ingat. Juga menumbuhkan jiwa kepemimpinan, empati dan kecerdasan sosial. Dan tidak kalah penting adalah merangsang kreativitas anak didik.

Jadi, jangan jauhkan anak dengan permainan. Mari kita ciptakan suasana yang menyenangkan dan sarat pembelajaran untuk mereka. Dan buku ini akan membantu sekali bagi kita, para orangtua dan pendidik.

4 komentar:

  1. Kayaknya bisa diaplikasikan buat anak-anak tpa, biar pada semangat tpa hehe

    ReplyDelete
  2. setuju pak. Kadang aku lebih suka rumah berantakan karena mereka bermain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, keren itu. Kan kalau ada tamu, meski kita yg berantakin, kita bisa sok-sokan bilang, "Maaf berantakan, biasalah, anak-anak..."

      Delete

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP