√ Cerita Lucu Bahasa Jawa: Gara-Gara Futsal - Coretan Basayev

Cerita Lucu Bahasa Jawa: Gara-Gara Futsal

Cerita lucu berbahasa Jawa kali ini berjudul Gara-Gara Futsal. Saya pikir tidak akan dimuat di Majalah Jaya Baya. Soalnya ini pernah saya kirim ke Majalah Djaka Lodang dan tak ada kabar pemuatan. Akhirnya saya lempar ke Jaya Baya melalui email pada 8 Agustus 2021.

Ilustrasi cerita Gara-Gara Futsal

Dulu versi bahasa Indonesia-nya juga sempat saya buat dan kirimkan ke Solopos untuk rubrik Ah Tenane tapi tidak dimuat. Ternyata jodohnya di Majalah Jaya Baya edisi No 12 Minggu III Nopember 2021. Alhamdulillah. Dan baru sekarang sempat mengarsipkannya di blog ini.

Cerita Lucu Bahasa Jawa: Gara-Gara Futsal


Irah-irahan: Gara-Gara Futsal
Dening: Wakhid Syamsudin. Sidowayah, Ngreco, Weru

SAKJANE aku ora seneng olahraga, ananging wengi iku aku kapeksa ngiyani anggone cah nom-nom ngejak futsal ing sawijining stadion futsal ing Tawangsari, Sukoharjo. Esuke, tangi turu rasane awakku kaya remuk kabeh. Aku crita marang bojoku malah digeguyu, disalahake merga ra kulina olahraga kok ndadak melu futsal barang. Pas aku makani pitik ing nglatar omah, ponakanku sing jenenge Aqib nyedhak.

“Pakdhe, apa mambengi Pakdhe melu futsal?” pitakone si Aqib kaya ora percaya. Bocah siji iki pancen cedhak karo aku, asring ngajak guyonan. Sajake dheweke ora ngandel yen aku uga bisa balbalan. Rumangsa disepelekne, banjur takjupuk bal plastik sing biasa dianggo dolanan anakku. “Sak iki jajal, Pakdhe taknendhang bal, awakmu sing jaga aja nganti kegulan. Siap, ya?”

Bal takselehke, aku siap-siap nendhang. Aqib gage pasang kudha-kudha, nggaya kaya kiper bal nasional. Aku dadi tansaya ketantang.

“Siap? Siji, loro, telu!” Kanthi tenaga penuh, sikilku taksadhukake ngener bal sing wis taksiapake iku. Tendhanganku lumayan banter, tapi jebule Aqib pancen duwe bakat dadi kiper tenanan, bal iku dicekel pas ing dekepan tangane.

Foto halaman Majalah Jaya Baya

Dumadakan aku sing njerit kelaran. Aqib gage nyedhaki aku. “Pakdhe, kok jempole gudras getih?”

Dasar nasib, jebul sing taktendhang ora mung bal, ananging jempol sikilku nyaruk lantai emper sing peluran semen. Rasane lara banget! Jempolku mluwek gudres gethih. Weruh aku mringis kelaran, si Aqib malah nggeguyu lan lunga ninggalake aku. Asem, asem!

Terjemahan Cerita Lucu Gara-Gara Futsal


Judul: Gara-Gara Futsal

Sebenarnya aku tidak suka olahraga, tapi malam itu aku terpaksa mengiyakan ajakan para remaja untuk bermain futsal di sebuah stadion futsal di Tawangsari, Sukoharjo. Paginya, bangun tidur rasanya badanku remuk semua. Pegal dan terasa capai. Kakiku sakit semua. Aku cerita ke istriku malah ditertawakan, disalahkan karena tak pernah olahraga kok mau-maunya ikut futsal segala. Ketika aku memberi makan ayam di halaman rumah, keponakanku yang bernama Aqib mendekat.

“Pakdhe, apa tadi malam Pakdhe ikut futsal?” pertanyaan si Aqib seperti tak percaya. Bocah satu ini memang dekat denganku, sering mengajak guyonan. Tampaknya ia tak percaya kalau aku juga bisa main bola. Merasa disepelekan, lalu kuambil bola plastik yang biasa dipakai mainan anakku. “Sekarang coba, Pakdhe menendang bola, kamu yang jaga jangan sampai gol. Siap, ya?

Kutaruh bola, aku siap-siap menendang. Aqib lekas pasang kuda-kuda, bergaya seperti kiper bola nasional. Aku semakin tertantang.

“Siap? Satu, dua, tiga!” Dengan tenaga penuh, kaki kugerakkan menendang bola yang sudah kusiapkan itu.  Tendanganku lumayan kencang, tapi ternyata Aqib memang punya bakat jadi kiper betulan, bola itu ditangkap tepat dalam genggaman tangannya.

Mendadak aku yang menjerit kesakitan. Aqib segera mendekatiku. “Pakdhe, kok jempolnya berdarah-darah?”

Dasar nasib, ternyata yang kutendang tak hanya bola, tetapi jempol kakiku juga menendang permukaan lantai yang dilapisi semen. Rasanya sakit sekali! Jempolku sobek berdarah-darah. Melihatku meringis menahan sakit, si Aqib malah tertawa dan bergegas meninggalkan aku. Sial, sial!

Ide Cerita Ana Ana Bae: Gara-Gara Futsal


Cerita ini adalah pengalaman saya sendiri. Dulu pernah suatu malam, diajak futsal sama anak-anak remaja. Mumpung ada yang mudik dan menraktir sewa stadion futsalnya. Tanggal berapanya sudah lupa saya.

Saya yang memang tak hobi olahraga hanya ikut meramaikan saja. Lebih sering istirahat daripada rebutan bola di tengah lapangan.

Paginya keponakan saya, Aqib Arsyadan, mendengar saya ikut futsal, ia tak percaya. Saat berangkat sekolah disempatkannya mampir rumah saya dan menanyakan hal itu. Kejadian selanjutnya, ya, sama seperti cerita di atas.

Majalah Jaya Baya edisi No 12 Minggu III Nopember 2021

Terbayang, kan, betapa perihnya jempol kali sobek dan berdarah. Coba kalau saya tidak perlu memraktikkan menendang bola, pasti akan aman-aman saja. Tapi kalau saya tidak menendangnya, tentu tak akan ada cerita ini di Majalah Jaya Baya. Iya, kan, ya?

Demikian cerita lucu bahasa Jawa di rubrik Ana Ana Bae berjudul Gara-Gara Futsal yang bisa saya arsipkan di sini. Semoga menghibur. Semoga bisa tersenyum di atas derita saya. Hahaha.

Get notifications from this blog

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.