Loading...
Sunday, March 7, 2021

The Kece's, Dagelan Horor MizzRuri dkk


Kelar sudah saya baca buku remaja berjudul The Kece's Hantu yang Ngebet bikin Boyband karya @MizzRuri dkk. Buku remaja yang saya baca saat usia tak lagi remaja ini merupakan kumpulan cerpen pemenang lomba #hantugokil 2013. Desain sampul buah tangan Ruri Hefni menampilkan empat sosok hantu tapi nggak seram sama sekali. Wajar, sih, soalnya memang ini buku kumpulan cerita bertema hantu-hantuan tapi dikemas dengan gokil. Membaca isinya tidak bikin takut tapi bikin tertawa.

Ada 10 judul yang ditampilkan dari 10 penulis pemenang lomba. Jujur cerita urutan pertama yang sekaligus jadi judul buku menurut saya memang yang paling berkesan. Cerita yang ditulis @MizzRuri ini berkisah tentang Ceko yang mendapat warisan blangkon dari neneknya yang ternyata ada penunggunya. Mereka adalah hantu bernama Kunti, Toyoul, Wawa Gombal, dan Kakek Dayung.

Keempat hantu gaul itu tahu bahwa Ceko adalah anggota boyband TOAHH, maka mereka maksa minta diajari jadi boyband. Jadi, ceritanya ancur-ancuran, usaha Ceko mengajari mereka bikin boyband dengan nama The Kece's. Cerita lengkapnya nggak perlu saya tulis di sini, kan, ya?

Secara keseluruhan, cerita dalam buku ini cukup menghibur meski seringkali dagelannya garing. Untuk sekadar refreshing dari bacaan-bacaan berat atau serius, buku ini layak kamu nikmati. Saya akui, beberapa cerita memang berhasil ditutup dengan ending yang cukup memuaskan.

Buku ini sudah cukup lama ikut berjejer di rak buku. Dulunya, ini adalah salah satu buku hadiah dari Mbak Hiday Nur saat saya ikut kegiatan baca di Sanggar Baca Caraka pada Desember 2019. Ada beberapa buku yang beliau hadiahkan, semua sudah tuntas saya baca. Sementara buku lucu-lucuan ini belum berhasil menarik minat baca saya, barulah kini saat komunitas ODOP membuka RCO batch 9, saya sempatkan baca.

Tugas perdana RCO 9 adalah membaca buku koleksi yang lama tak terbaca, maka terpilihlah buku ini. Alasan saya memilihnya karena memang sudah waktunya membaca buku lawas ini. Buku ini diterbitkan GACA inprint Diva Press, cetakan pertama Februari 2013. Cukup puaslah dengan suntingan Tim Editor GACA dan layout Ika Tyana ini.

Saya kesulitan menemukan quotes menarik dari The Kece's ini. Namanya juga buku cerita gokil. Paling tidak, ada paragraf yang bisa saya jadikan penutup ulasan sederhana ini:

Oh, ternyata itu sebabnya para hantu sekarang tidak begitu diminati sebagai objek yang menakutkan. Rupanya para manusia berhasil memberi sugesti manusia lainnya untuk tidak takut dengan para hantu melalui komedi. (halaman 133)

Judul: The Kece's, Hantu yang Ngebet bikin Boyband
Penulis: @MizzRuri dkk
Editor: Tim Editor
Layouter: Ika Tyana
Pracetak: Endang
Penerbit: GACA (imprint Diva Press)
ISBN: 978-602-255-061-7
Cetakan: Pertama, Februari 2013
Tebal: 156 halaman


#RCO9
#OneDayOnePost
#ReadingChallengeODOP9

1 komentar:

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP