Loading...
Friday, September 14, 2018

Salah Gawang


Kisah memalukan tapi seru dan ngguyokke ini dialami Mbah Jon Koplo saat ikut lomba tujuhbelasan di kampungnya, di daerah Sukoharjo, Agustus lalu.

Salah satu lomba yang diadakan adalah sepakbola pakai daster. Mbah Koplo yang sama sekali tidak hobi bola, turut serta meramaikan dengan bergabung di tim bapak-bapak.

Pertandingan berjalan lancar penuh gelak tawa karena lucunya aksi para pemain bola yang kebanyakan asal tendang saja. Mbah Koplo beberapa kali terjatuh saat mengejar bola, tapi semangatnya tidak pernah patah.

Setengah permainan, tim bertukar gawang. Saat itulah, kejadian lucu ini terjadi. Mbah Koplo yang tiba-tiba berhasil mendapatkan bola langsung menendang sekuat tenaga. "Gooolll...!" seru Mbah Koplo saat bola yang ditendangnya masuk ke gawang.

Tapi kegembiraan Mbah Koplo disambut tawa terpingkal-pingkal seluruh penonton. Anggota tim Mbah Koplo malah terlihat kecewa. "Mbah, ini gol bunuh diri!' Tom Gembus, kiper satu tim dengan Mbah Koplo, yang sempat kaget dengan tendangan bola Mbah Koplo sedikit kesal juga.


"Lho, kok kowe njaga gawange mungsuh?" protes Mbah koplo belum paham.

"Kita pindah gawang, Mbah! Ini gawang kita!" seru Gembus.

Mbah Koplo terkejut juga. "Laah... Kok ora omong-omong nek pindah gawang! Payah!"

Penonton kembali tertawa melihat tingkah Mbah Koplo yang tidak mau disalahkan. Meski kecewa dengan gol Mbah Koplo, tapi tim tetap ikut geli juga. Memang kalah atau menang tidak begitu penting, yang penting kebersamaan dan guyub rukun sesama warga kampung.

Sabtiyaningsih
Sidowayah RT 001/RW 006, Ngreco, Weru, Sukoharjo

Dimuat di harian Solopos edisi Kamis Legi, 13 September 2018 pada rubrik Ah... Tenane.

 


Alhamdulillah, tulisan saya lolos lagi di koran Solopos. Sebenarnya ini saya kirim bulan Agustus 2018, beberapa hari setelah dimuatnya Bendera Penjajah. Selama ini, saya mengamati, bahwa nama yang sama dalam rentang waktu berdekatan tidak akan dimuat di rubrik yang sama, maka saya pakai nama istri saya. Trik lama sih, tapi jitu juga, meski September baru dimuat.

Lumayan, bisa buat jajan bakso. Hehehe. Semangat nulis teruuss!

26 komentar:

  1. lucu ceritanya, selamat karena tulisnnya lolos di DOLOPOS terus berkarya ya

    ReplyDelete
  2. wkwkwkwkkw....
    kereen yaaa bisa lolos gituuuuu

    ReplyDelete
  3. Keren...
    Jadi pengen ngirim tulisan juga 😀😀

    ReplyDelete
  4. Kerennn nih.. ijin copas buat tugas bhsa indonesia yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, buat tugas sejarah juga boleh mas. Hehehe

      Delete
  5. Ceritanya keren... Dari pada boring mending baca ini

    ReplyDelete

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP