Loading...
Sunday, May 27, 2018

Cinta dalam Diam yang Bikin Baper


Judul buku: Betang - Cinta yang Tumbuh dalam Diam
Penulis: Shabrina Ws
Penerbit: Quanta, Elex Media Komputindo, Jakarta
ISBN: 978-602-02-2389-6
Tebal: 176 halaman
Cetakan: 2013


Tak masalah duduk di haluan atau buritan, asal kau tetap menggerakkan dayungmu!

Ini adalah kisah manis seorang gadis bernama Danum. Dia terlahir dan menjalani masa kecil hingga remaja di rumah betang, rumah adat Kalimantan. Rumah betang, tempatnya mengenal arti keluarga, persahabatan, dan debaran bernama cinta. Dan biasa, Shabrina Ws menuliskan kisah ini dengan hangat. Penuh makna mendalam meski tanpa perlu konflik menggebu-gebu.

Gadis kita ini memiliki sahabat kecil bernama Dehen yang sama-sama akrab dengan dayung sejak pertama kali memilikinya. Keduanya punya sejuta kenangan tak terlupa, bersama menyusuri sungai, beradu kecepatan, dan tercebur karena jukung mereka terbalik. Keduanya sama-sama cinta pada dayung.

Dikisahkan, Dehen mengejar mimpinya menjadi pendayung profesional, hingga berhasil masuk pelatnas. Sementara Danum masih menjadi gadis di rumah betang yang enggan beranjak dari sana, padahal potensinya sangat besar menjadi atlet dayung.

Arba, sang kakak yang sangat perhatian, tidak pernah lelah menyemangatinya agar memenuhi undangan seleksi dayung tingkat daerah yang berkali-kali ia abaikan. Danum dilema, ia tidak tega meninggalkan Kai (kakeknya) yang merawatnya sejak kecil. Tapi Kai sendiri berharap agar Danum berani mengejar cita-citanya menjadi pendayung yang bisa mengibarkan sang merah-putih di negeri orang.

Ketika keputusan itu diambil, Danum harus bertemu lagi dengan Dehen yang sedang akrab dengan Sallie. Danum dilanda cemburu. Tapi gadis kita ini menata hati, ia menjadi atlet untuk cita-cita dayungnya, bukan untuk Dehen. Tapi apa jadinya ketika olympiade, pelatih menunjuk Danum harus berpasangan dengan Sallie, satu perahu kayak, harus menjaga kompak agar bisa menang. Apakah Danum bisa menepis egonya?

Seru. Cerita yang runut dan mengalir dengan gaya khas Shabrina Ws yang berkisah dengan pilihan kata penuh makna. Seperti apa cerita utuh Danum dan Dehen? Anda harus membacanya sendiri.

Dan ini bukan kisah cinta lebay ala ABG. Di sampul depan ditandai jelas bahwa ini adalah novel islami. Shabrina Ws memasukkan nilai-nilai islami dengan halus, pada sikap Danum, arahan Arba, atau nasihat Kai dan Ini (nenek) sebelum meninggal.

Itu sih garis besar isi novel setebal 176 halaman ini. Ada yang terlewat diulas, yakni tentang ayah Danum yang tiba-tiba muncul. Apakah Danum bisa menerima lelaki berjuluk bapak yang pernah meninggalkannya sejak kecil di rumah betang itu?

Baiklah, tampaknya Anda harus membaca sendiri kisah sarat hikmah ini. Kisah berlatar Kalimantan ini, mungkin tergolong langka karena mengangkat olahraga dayung yang jarang dilirik penulis lain. Dan Shabrina Ws menggarapnya dengan ciamik.

Sukses selalu deh buat Shabrina Ws. Ditunggu novel-novel terbarunya!
Next
This is the most recent post.
Older Post

2 komentar:

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP