Loading...
Saturday, July 4, 2020

Cemerlang Mendidik Anak


Sebagai orang tua, maka kita punya kewajiban mendasar yakni mendidik anak seiring proses membesarkannya. Kesuksesan orang tua dalam mendidik tidak boleh hanya dibatasi pada sukses kehidupan dunia, tapi juga berorientasi pada kesuksesan kehidupan akhirat kelak.

Untuk mencapai tujuan mulia itu, sangat tepat kiranya kalau orang tua mencari referensi dari berbagai sumber, salah satunya buku bacaan. Sebuah buku berjudul 100 Ide Cemerlang dalam Mendidik Anak karya Iman Al-Mahdawi ini meringkas dan menjabarkan sejumlah kajian, pelatihan, eksperimen, dan pengalaman dalam hal pendidikan anak yang bisa diterapkan para orang tua.

Orang tua akan mendapat kesempurnaan pahala ketika bisa membuat hati anak senantiasa berhubungan dengan Allah Swt. Perkenalkan Allah Swt beserta nama-nama dan sifat-sifat-Nya. Tanamkan keharusan mengesakan Allah Swt, baik sebagai Tuhan Pemelihara Semesta maupun sebagai satu-satunya yang berhak disembah. Sehingga anak selalu merasa dalam pengawasan Allah Swt, kapan dan di mana pun berada.

Orang tua harus berusaha memberikan pengarahan-pengarahan berdasar Kitabullah dan Sunnah Rasulullah Saw. Menanamkan rasa hormat pada Al-Qur'an dan membiasakan membacanya dengan etika-etika seperti membaca taawudz dan basmalah sebelum membacanya, juga menempatkan mushaf di tempat yang bersih dan mulia.

Di samping itu, berusahalah memosisikan anak selalu berhubungan dengan guru agama, ini merupakan metode yang digunakan oleh kaum salaf. Mengajak anak menghadiri majlis kajian hadits meski belum usia baligh, karena di tempat-tempat itu diliputi rahmat Allah Swt dan dikelilingi malaikat.

Orang tua juga musti mengarahkan perilaku anak, membiasakannya pada perbuatan baik dengan pengarahan, tugas, ataupun perintah secara bertahap. Pengarahan juga dengan memilih waktu yang tepat. Berbicara pada anak pun secara terus terang, tanpa berkelit-kelit atau berkelok-kelok. Biasakanlah juga untuk menghormati perasaan orang lain. Kenalkan hak dan kewajiban beriringan.

Ada bab khusus juga pada buku ini yang membahas larangan bagi orang tua dalam mendidik anak. Di antaranya menasihati anak atas kesalahannya di depan orang lain, apalagi orang banyak. Orang tua juga jangan terbiasa marah pada anak, tapi mengedepankan sikap tenang. Tidak boleh juga berlebihan memuji anak, memanjakan, dan menuruti semua keinginannya.

Sebagai orang tua harus selalu mengajarkan anak senantiasa berpikiran positif, keinginan tak harus selalu jadi kenyataan, dan memahami kegagalan bukan akhir segalanya. Di samping itu juga memotivasi anak agar percaya diri, memberinya kesempatan-kesempatan, dan tugas-tugas yang sesuai kemampuannya.

Pada bab akhir dianjurkan agar orang tua selalu menjaga kondisi kejiwaan diri agar maksimal mendidik anak, juga meningkatkan kemampuan diri dengan tetap belajar apa saja. Di ujung semua itu, tetap wajib berdoa kepada Allah Swt untuk kebaikan anak. Sungguh besar pengaruh doa dalam mendidik anak kita. Salah satu doa mustajab sebagaimana disebutkan hadits riwayat Muslim adalah doa orang tua untuk anaknya.

Judul buku: 100 Ide Cemerlang dalam Mendidik Anak
Judul asli: 100 Fikrah Dzahabiyyah li Tarbiyyah Thiflik
Penulis: Iman Al-Mahdawi
Penerjemah: Nashirul Haq, LC.
Penerbit: Irsyad Baitus Salam, Bandung
Cetakan: I, Juni 2007
Tebal: 112 halaman

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP