Loading...
Sunday, February 22, 2015

Peringatan bagi Anda yang Memanfaatkan m-Cent, aStore, PopSlide dan Sejenisnya


Perkembangan dunia telekomunikasi sudah masuk kepada masa kejayaan bagi perangkat bersistem operasi Android, khususnya di negeri tercinta kita Indonesia. Interface perangkat berlayar sentuh dan biasanya tanpa adanya keypad fisik ini sudah akrab bagi semua pengguna ponsel maupun gadget smartphone.

Barang kali sudah banyak yang tahu, ada peluang untuk menghasilkan pulsa (dan uang) dengan aplikasi perangkat Android. Sebut saja aplikasi yang memanjakan pengguna Android dengan limpahan pulsa, seperti m-Cent, aStore ataupun PopSlide. Tentu banyak aplikasi serupa yang bertebaran di PlayStore. Tapi cukup itu untuk saya sebutkan di sini, karena memang ketiganya adalah aplikasi yang pernah saya ambil keuntungannya dengan poin dan pulsa. Bahkan, teman saya berbekal aplikasi m-Cent mampu menghasilkan uang sampai angka 3 juta rupiah dalam sebulan. Bikin pengen aja, kan....

Dengan aplikasi tersebut, user Android bisa mengumpulkan poin yang bisa ditukarkan jadi pulsa seluler. Caranya sangat-sangat mudah, yakni dengan mengikuti penawaran yang tersedia pada aplikasi tersebut. Setiap penawaran yang diselesaikan user akan diberi imbalan poin sesuai ketentuan masing-masing. Penawaran yang tersedia adalah, agar user menginstal aplikasi Android yang link-nya disediakan oleh aplikasi tersebut. Tentu hal ini lebih menguntungkan jika di tempat (kerja) Anda tersedia fasilitas wifi, sehingga instal aplikasi yang ditawarkan tidak memakan kuota data kartu seluler Anda. Selain menanggapi penawaran seperti itu, poin juga bisa didapat dengan mengajak teman kita agar ikut memakai aplikasi tersebut. Nilai referal memang bervariasi, dari 1500 sampai 3000, bahkan m-Cent sesekali memberi kejutan referal 20.000 tiap kali ada user baru yang menginstal m-Cent lewat link dari kita. So, kudu pengen ya.... Oh iya, di aplikasi PopSlide, bahkan buka kunci Andoid saja bisa mendapatkan poin lho!

Poin yang didapat bisa dijadikan pulsa. Nah, dari pulsa yang didapat, bisa saja kita jual dengan memanfaatkan transfer pulsa (khususnya XL, Indosat dan Telkomsel).

Itu sekilas tentang cara menghasilkan pulsa melalui aplikasi Android. Nah, saya mau masuk ke inti dari postingan saya kali ini. Yakni, sebuah peringatan bagi pengguna aplikasi penghasil pulsa seperti di atas.

Saya sempat merenung beberapa saat. Merenungkan tentang m-Cent, aStore dan PopSlide. Terbayang betapa semangatnya melihat nominal poin jika ada penawaran baru. Lalu menginstal dan mendapatkan poin yang dijanjikan. Itu dibela-belain demi mendapatkan poin.

Saya lalu berpikir, bagaimana jika sebagai Muslim, saya bisa mengambil semacam ibrah dari cara kerja aplikasi tersebut di atas.

Saya lalu membayangkan bahwa kita punya aplikasi kehidupan yang diberikan Allah. Lalu melalui Quran dan Sunah, Allah menawarkan agar kita menginstal ibadah yang tersedia dengan janji poin pahala tertentu dari Sang Pencipta. Seharusnya kita akan sangat lebih bersemangat dibandingkan sekedar menginstal aplikasi yang ditawarkan m-Cent, aStore maupun PopSlide atau yang lainnya.

Allah menawarkan aplikasi Tilawah Quran dengan poin yang dijanjikan 1 huruf mendapat 10 kebaikan. Akumulatif lho, tanpa batas maksimum.

Allah menawarkan aplikasi berinfak dengan poin berlipat ganda sesuai nominal yang kita infakkan. Poinnya bahkan bisa lebih banyak dari sekedar referal, apalagi kalau itu masuk aplikasi amal jariyah yang 'poin'-nya senantiasa bertambah jika masih dimanfaatkan pengguna lain, walau kita sudah meninggal dunia sekalipun.

Allah menawarkan aplikasi Puasa Sunah dengan poin-poin tertentu, yang selain menambah poin juga bisa membersihkan kesalahan-kesalahan kita.

Wah, saya mendadak merasa kalah. Ternyata saya bodoh tidak bisa memaksimalkan mengambil penawaran dari Sang Pencipta yang menyediakan poin-poin yang sedemikian melimpahnya.

Itu sekedar gambaran kecil saja. Saya yakin, banyak aplikasi penawaran dari Allah yang tidak saya sebutkan di atas. Coba kita lihat list aplikasi yang Allah tawarkan: Berbakti Pada Orangtua, Menolong Saudara, Memberi Makan Orang, Meminjami Uang, dan sebagainya.

Lalu, 'poin-poin' dari aplikasi yang kita anggap remeh dan kecil, yang bisa kita instal di kehidupan sehari-hari kita: Pakai Sendal Kaki Kanan Dulu, Pakai Pakaian Kanan Dulu, Lepas Sepatu Kiri Dulu, Masuk Masjid Kanan Dulu... Subhanallah... Sudah saatnya kita berlomba mendapatkan poin dari Allah dengan menginstal aplikasi-aplikasi yang Dia tawarkan.

Ups. Saya rasa cukup. Mari kita ambil hikmah dari postingan saya ini. Semoga kita bisa bijak. Terima kasih menyempatkan baca...

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP