√ Membangun Link Building SEO untuk Optimalkan Internet Marketing - Coretan Basayev

Membangun Link Building SEO untuk Optimalkan Internet Marketing

Menulis di blog atau web menjadi satu dari sekian banyak wadah untuk menumpahkan segala ide dalam bentuk artikel yang bisa dibaca siapa saja. Pengunjung blog akan mendapatkan manfaat dari apa yang kita tuliskan di sana. Agar kian banyak yang berkunjung, maka seorang bloger wajib memahami tentang SEO. Terlebih jika blognya digunakan sebagai internet marketing.

Merujuk pada Wikipedia, SEO singkatan dari Search Engine Optimization atau Optimisasi Mesin Pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Mekanisme mesin pencari yang dimaksud adalah crawling, indexing, dan ranking.

Mengenal Link Building dalam SEO


Salah satu teknik dalam penerapan SEO adalah link building. Link building merupakan strategi SEO yang bertujuan untuk mendapatkan link dari situs lain. Semakin banyak link dari blog atau website lain mengarah ke blog atau website kita, maka mesin pencari akan memberikan penilaian yang bagus terhadap website yang kita kelola itu.

Link dari website lain biasa disebut backlink. Ada beberapa alasan agar sebuah website mendapatkan backlink, di antaranya karena web kita menjadi partner dari website tersebut, atau karena website kita berisi artikel-artikel bermanfaat yang akhirnya direkomendasikan oleh website lain untuk dikunjungi. Tapi ingat, Google menilai backlink dari kualitasnya, bukan kuantitas.

Link Building SEO

Yang dimaksud backlink yang berkualitas adalah backlink yang berasal dari website yang relevan, kredibel, dan memiliki trafik yang stabil. Satu buah backlink berkualitas bisa mengalahkan 100 backlink yang tidak berkualitas. Maka bukan asal backlink yang harus kita bangun.

Jenis-Jenis Link Building SEO


Backlink bisa dibagi menjadi 3 jenis, yang masing-masing berbeda cara mendapatkannya. Perbedaan ini sangat berpengaruh pada kualitas backlink yang diarahkan ke website kita. Apa saja ketiga jenis backlink itu, dan mana yang paling bagus kualitasnya?

1. Link Building Natural


Inilah jenis backlink terbaik yang bisa sebisa mungkin kita upayakan untuk mendapatkannya. Link building ini bisa terjadi bila bloger lain memasukkan link dari konten kamu sebagai sumber informasi terpercaya karena memang berkualitas isinya. Bloger tersebut bisa memberikan backlink saat menjadikan website kita sebagai sumber tambahan bagi konten mereka dengan mengutip postingan di website kita.

Link building natural bisa juga diberikan cuma-cuma oleh bloger lain karena merasakan manfaat konten kita. Bentuk backlink itu bisa dengan memasukkan website kita sebagai pembuat infografis atau statistik yang mereka perlukan atau menempatkan link karena melakukan interview dengan orang yang berkaitan dengan website kita.

Untuk mendapatkan link building jenis ini, maka kita harus membuat konten berkualitas tinggi, menarik, terupdate, lengkap, serta memberikan manfaat bagi banyak orang. Gampang apa susah nih? Gampang-gampang susah ya?

2. Link Building Outreach


Jenis link building ini diperoleh dengan cara menghubungi pemilik website dan meminta mereka untuk memasang link website kita. Jenis link building paling umum yang sering dipraktikkan, terlebih website yang baru dan belum memiliki popularitas yang baik. Langkah ini sah-sah saja kita lakukan, bahkan seandainya pemilik website tersebut mematok harga untuk penempatan backlink kita.

Ini bisa diperoleh dengan menjadi sponsor bagi suatu website sehingga disinggung dalam kontennya sebagai donatur atau sponsor suatu event. Atau jasa press release mengenai berita terbaru terkait website atau brand kita. Bisa juga menjadi guest blogging dengan kita menulis artikel untuk diterbitkan di website orang lain yang di dalamnya memasukkan link menuju website kita.

3. Wrong Link Building


Wrong link Building adalah link building yang harus hindari. Link building jenis ini bisa-bisa akan membuat website kita kena banned dari mesin pencari. Backlink jenis ini di antaranya berupa spam di kolom komentar orang lain dengan memasukkan link website milik sendiri. Spam di forum online dengan sengaja membuat topik/thread yang berisi banyak backlink ke website sendiri, dan sebagainya.

Dengan mengenal dan mengetahui cara mendapat backlink maka kita sudah bisa memulai melakukan link building dengan cara yang elegan. Membuat artikel menarik dan berkualitas, serta bekerja sama dengan bloger lain agar bisa saling memberikan manfaat, sehingga bisa saling bertukar backlink pada artikel yang relevan. Memang perlu perjuangan untuk mengoptimalkan web terutama sebagai internet marketing.

Get notifications from this blog

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.