√ Apa Itu Distribusi dan Perannya dalam Kegiatan Ekonomi - Coretan Basayev

Apa Itu Distribusi dan Perannya dalam Kegiatan Ekonomi

Peran distribusi dalam kegiatan ekonomi adalah sangat penting karena menjadi penghubung antara produsen dengan konsumen. Sebagai pelaku bisnis, tentu kita harus mengerti apa itu distribusi. Dengan memahaminya, maka kita bisa melihat peluang untuk meningkatkan penghasilan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Apa Itu Distribusi

Distribusi merupakan salah satu jenis kegiatan ekonomi. Definisi dari kegiatan ekonomi, menurut laman Sumber Belajar Kemendikbud, adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bentuk kegiatan ekonomi itu meliputi tiga jenis kegiatan, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiganya berkaitan satu sama lain tak mungkin terpisahkan.

Apa Itu Distribusi?


Secara umum pasti sudah pada tahu, bahwa distribusi dalam kegiatan ekonomi adalah suatu proses penyaluran produk baik berupa barang atau jasa, yang dibuat oleh produsen sehingga sampai kepada konsumen. Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor.

Proses distribusi ini menjadi kunci kesuksesan bagi setiap produsen atau perusahaan. Ibaratnya, meski produk yang dihasilkan memiliki kualitas unggul, tanpa adanya distribusi yang baik, maka produk tidak akan dikenal sehingga sulit untuk dijangkau oleh target pasar. Distribusi berperan penting untuk menghasilkan keuntungan dengan cepat ketika bisa  menerapkan strategi pemasaran yang efektif.

Peran dan Tujuan Distribusi dalam Kegiatan Ekonomi


Distribusi memiliki peran vital untuk menyebarkan produk berupa barang dan jasa kepada konsumen sebagai pemakai terakhir. Jika sampai distribusi ini terhambat, maka akan terjadi stok barang tertimbun karena tak segera terjual. Ini sudah pasti merugikan perusahaan sebagai produsen. Apalagi jika barang produksi memiliki masa kedaluarsa.

Distribusi juga memastikan tetap bisa berlangsungnya proses produksi di perusahaan. Dengan segera sampainya produk ke tangan konsumen maka proses produksi bisa berlanjut. Lancarnya distribusi membantu berjalannya kegiatan ekonomi yang sehat. Konsumen juga bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan mudah berkat adanya distribusi.

Adanya kegiatan distribusi ini juga bermanfaat bagi perusahaan produsen untuk memberikan informasi yang sangat penting mengenai apa yang diinginkan para konsumen. Dengan demikian, perusahaan bisa berinovasi terhadap produk yang baru atau peningkatan kualitasnya. Melalui proses distribusi itulah bisa menilai produk yang banyak diminati dan kurang diminati oleh oleh pelanggan.

Kuasai Skill Ini Agar Sukses Menjadi Distributor


Pelaku kegiatan distribusi biasa disebut sebagai distributor. Jika kita berniat menjadi perantara sampainya produk ke konsumen, maka perlu memiliki kemampuan yang bisa menunjang sebagai penggerak distribusi dari produsen. Apa saja itu?

1. Kemampuan Bernegosiasi


Distributor yang baik idealnya mampu melakukan negosiasi baik kepada produsen maupun konsumen. Bernegosiasi pada perusahaan sebagai produsen agar mendapatkan harga serendah mungkin. Dan bernegosiasi kepada konsumen agar bisa memperoleh keuntungan maksimal. Bisa dengan mengupayakan harga jual tinggi, atau dengan harga jual tak terlalu tinggi namun memiliki potensi volume penjualan yang tinggi.

2. Mampu Memanajemen Logistik


Tak kalah penting adalah skill memanajemen logistik, di mana seorang distributor harus menjalin hubungan baik dengan klien. Memastikan stok dari produsen mencukupi untuk dijual di pasaran, jangan sampai ada kelangkaan saat produk bisa terjual cepat. Begitupun urusan pengiriman kepada konsumen harus tepat waktu agar klien tetap loyal pada kita.

3. Penguasaan Marketing


Pelaku kegiatan distribusi harus bisa memasarkan produk kepada pelanggan maupun para klien baru. Teknik marketing harus dikuasai, baik secara konvensional maupun menggunakan digital marketing di era internet sekarang ini. Semakin banyak kanal dikuasai maka akan banyak target pasar bisa didapatkan.

Setelah memahami apa itu distribusi dan bagaimana mencari peluang dalam prosesnya, kita bisa meningkatkan skill untuk menjadi seorang distributor yang handal. Sebenarnya, distributor itu pekerjaan cerdas karena tak perlu repot memproduksi barang, hanya menjadi perantara penyalurannya namun bisa mendapat penghasilan yang tak sedikit.

Get notifications from this blog

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.