√ Cerita Lucu Bahasa Jawa: Antre Wesel - Coretan Basayev

Cerita Lucu Bahasa Jawa: Antre Wesel

Majalah Jaya Baya adalah salah satu majalah berbahasa Jawa yang masih eksis sampai saat ini. Majalah mingguan yang terbit di Surabaya ini menerima naskah tulisan dari para penulis lepas. Honornya juga tergolong sangat lancar.

Salah satu rubrik yang bisa dikirimi karya kita adalah Ana Ana Bae. Berisi cerita lucu kejadian sehari-hari yang disajikan dengan bahasa Jawa. Ini adalah tulisan kedua saya di Majalah Jaya Baya. Sebuah cerita ringan berjudul Antre Wesel.

 

Ilustrasi cerita Antre Wesel

 

Adapun cerita ini saya kirimkan melalui email pada 16 Desember 2021. Alhamdulillah berhasil dimuat di Majalah Jaya Baya edisi No. 26 Minggu IV Pebruari 2022. Saya merasa ini sebuah keberuntungan. Jujur, susah menulis cerita berbahasa Jawa.

Cerita Lucu Bahasa Jawa: Antre Wesel


Irah-irahan: Antre Wesel
Dening: Wakhid Syamsudin. Sidowayah, Ngreco, Weru, Sukoharjo

Dina kuwi aku menyang kantor pos kanggo ngijolake dhuwit wesel. Sawise Pak Pos nampa wesel lan KTP-ku, aku dikongkon lungguh dhisik ngenteni kanggo dicocogake identitasku.

Lagi wae lungguh, ana sakwijining ibu-ibu teka, arep mbayar listrik.

“Ajeng perlu napa, Bu?” pitakone Pak Pos.

“Ajeng bayar listrik, Pak,” semaure ibu iku. Pak Pos nyumanggake ibu kuwi diladeni dhisik.

Sakwise rampung ibu iku, Pak Pos lungguh meneh ing ngarep komputere. “Sekedhap nggih, Mas, radhi sawetawis niki,” ujare Pak Pos marang aku.

Let sedhela teka bocah wadon enom arep mbayar BPJS Kesehatan. Pak Pos gage ngladeni bocah iku. Aku wiwit curiga, kok Pak Pos bisa nglayani listrik lan BPJS, sauntara weselku durung karampungan.

“Taksih dangu, ta, Pak?” pitakonku sakwise Pak Pos rampung nglayani BPJS.


Foto halaman Majalah Jaya Baya


“Sekedhap, Mas,” semaure Pak Pos.

Keprungu Pak Pos banjur ngobrol nganggo telepon. “Iki wesel sing nganggo kertas. Mencet F1 apa F2, Mas?” suwarane Pak Pos marang kancane sing ditelepon.

Aku wiwit isa mbadhe apa sing kedadeyan sakbenere. Jebule Pak Pos ora ngerti carane nyairake wesel lewat aplikasi pos amarga pancen suwe ora ana wong njupuk dhuwit wesel. Mungkin aplikasi pos update anyar ora gampang dipahami dening petugas lawas sing wis umur sepuh.

Akhire Pak Pos nyerah. Dhuwit weselku ditalangi nganggo dhuwit pribadhi Pak Pos sik. “Jaluk nomer ponsel jenengan, Mas, mbok menawa mengke wesele enten masalah. Kula taksih nunggu petugas teknisi mriki,” panjaluke Pak Pos banjur menehake dhuwit honorku.

Terjemahan Cerita Lucu Antre Wesel


Judul: Antre Wesel

Hari itu aku ke kantor pos untuk menukar uang wesel. Setelah Pak Pos menerima wesel dan KTP-ku, aku disuruh duduk dulu menunggu pencocokan identitasku.

Baru saja duduk, ada seorang ibu datang, mau membayar listrik.

“Ada perlu apa, Bu?” tanya Pak Pos.

“Mau bayar listrik, Pak,” jawab ibu itu. Pak Pos mempersilakan si ibu dilayani duluan.

Setelah selesai ibu itu, Pak Pos duduk lagi di depan komputernya. “Sebentar, ya, Mas, agak sedikit lama ini,” kata Pak Pos padaku.

Sebentar kemudian datanglah seorang gadis muda mau membayar BPJS Kesehatan. Pak Pos segera melayani gadis itu. Aku mulai curiga, kok Pak Pos bisa melayani pajak listrik dan BPJS, sementara weselku belum selesai juga.

“Masih lama, ya, Pak?” tanyaku setelah Pak Pos selesai melayani BPJS.

“Sebentar, Mas,” jawab Pak Pos.

Terdengar Pak Pos kemudian berbicara melalui telepon. “Ini wesel yang pakai kertas. Pencet F1 apa F2, Mas?” suara Pak Pos pada temannya yang ditelepon.

Aku mulai bisa menduga apa yang terjadi sebenarnya. Ternyata Pak Pos tidak tahu cara mencairkan wesel lewat aplikasi pos karena memang lama tak ada orang mengambil uang wesel. Bisa jadi aplikasi pos update baru tak mudah dipahami oleh petugas lama yang sudah berusia sepuh.

Akhirnya Pak Pos menyerah. Uang weselku ditalangi pakai uang pribadi Pak Pos dulu. “Minta nomor ponselnya, Mas, siapa tahu nanti weselnya ada masalah. Saya masih menunggu petugas teknisi kemari,” pinta Pak Pos kemudian menyerahkan uang weselku.


Ide Cerita Ana Ana Bae: Antre Wesel


Cerita ini adalah kisah yang saya alami saat mencairkan wesel di Kantor Pos Weru. Wesel yang dikirim oleh bagian keuangan Majalah Jaya Baya atas naskah Ana Ana Bae pertama saya yang dimuat pada bulan Juni 2020 berjudul Marahi Emosi.

Kurang-lebih cerita aslinya sama persis dengan yang saya tuliskan. Pak Pos lupa cara mencairkan wesel. Entah saya harus merasa ini lucu atau malah miris. Wesel adalah layanan kirim uang yang dimiliki oleh PT Pos sejak zaman dulu kala. Dan kini sudah banyak ditinggalkan karena mudahnya kirim uang lewat rekening bank. Hingga Pak Pos saja sampai lupa caranya.


Majalah Jaya Baya No. 26 Minggu IV Pebruari 2022


Apapun itu, tentu banyak hikmah bisa diambil jika kita jeli. Bahwa zaman selalu berubah. Siapa saja bisa kalah ketika tidak bisa ikut perkembangannya. Nama besar pos seyogianya tetap dipertahankan dengan mengikuti perkembangan yang ada. Bersaing dengan perusahaan swasta yang banyak muncul di bidang serupa.

Mungkin ini juga cara Allah memberikan rezeki buat saya. Kejadian kecil yang bisa saya rekam dalam tulisan cerita lucu bahasa Jawa: Antre Wesel. Semoga menghibur untuk para pembaca yang mampir di blog sederhana ini.

Get notifications from this blog

2 komentar

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.