Loading...
Wednesday, March 10, 2021

ODOP Blogger Squad Bikin Makin Cinta Ngeblog


Sejak ikut kelas ODOP Blogger Squad, pandangan saya tentang blog mulai terbuka. Meski masih meraba-raba berbagai materi yang menurut saya cukup sulit dipahami, hehe. Untunglah para pije menyampaikannya dengan santai dan berkala, jadi bisa saya ikuti.

Kenalan Sama ODOP Blogger Squad


Sebagai gambaran, ODOP Blogger Squad adalah salah satu program dari komunitas ODOP (One Day One Post). Sesuai namanya, program ini diperuntukkan bagi anggota ODOP yang ingin fokus pada dunia blog. Bagaimana menata blog biar rapi, artikelnya mudah terbaca mesin pencari, dan segenap optimasi lainnya.

Program keren untuk para bloger ini terlahir setahun lalu saat komunitas ODOP dipimpin Kak Sakifah. Kasaki, begitu biasa saya sapa, merintis ODOP Blogger Squad menggandeng Kak Ciani Limaran yang selanjutnya dipersilakan membentuk tim bersama anggota ODOP lain yang sudah pro dalam dunia per-blogging-an.


Logo ODOP Blogger Squad karya Mas Lutfi


Pada tahun 2021 ini ketua umum ODOP dipegang oleh Muhammad Zaini yang biasa dipanggil Mas Zen, kembali melanjutkan program ODOP Blogger Squad. Program ini diasuh para pije yang sangat kompeten. Sebut saja nama besar Jihan Mawaddah, Marita Ningtyas, dan Ibrahim Dutinov. Mereka dengan senang hati berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengelola blog menjadi profesional.

Siapa yang Boleh Ikut Program Keren Ini?


Berhubung ini adalah program dari komunitas ODOP, tentu hanya boleh diikuti oleh anggota saja. Anggota ODOP dari batch 1 sampai 8 yang tersebar di berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke, bahkan yang berdomisili di luar negeri, dipersilakan mengikuti. Yang jelas wajib konsisten dalam mengerjakan tugas kalau tidak mau didepak dari program ini.

Bagi yang belum jadi anggota komunitas ODOP dan berkeinginan gabung bisa menunggu masa open recruitment yang digelar setahun sekali. Biasanya pada bulan-bulan akhir tiap tahunnya. Agar tidak tertinggal informasinya, silakan follow akun instagram ODOP. Di sanalah segala info program bisa diakses.

Kegiatan perekrutan anggota ODOP gratis sepenuhnya. Pada masa oprec itu akan banyak ilmu kepenulisan dibagikan. Setelah lulus dan jadi anggota resmi, kalian bisa ikut kelas lanjutan. Banyak macamnya sesuai minat dan bakat. Mau nulis koran atau majalah bisa gabung OTM, mau nulis buku ikutan ONB, pengin aktif nulis di berbagai platform kepenulisan bisa gabung ONP. Nah, yang mau fokus ngeblog bisa gabung di ODOP Blogger Squad. Semua gratis untuk anggota ODOP. Keren, kan?

Apa Saja yang Didapat di ODOP Blogger Squad?


Yang pasti pada program ini kita akan diajak membuka mata tentang dunia blog yang ternyata eh ternyata, tak hanya untuk media curhat dan nulis asal-asalan saja. Kita diajak menganalisa niche yang cocok buat kita jadikan tema utama blog. Dengan begitu, blog kita lebih terarah dan bisa bermanfaat.

Kemudian kita dikenalkan berbagai perangkat dan teknik optimasi blog seperti Google Analytics, Google Search Console, SEO Onpage, SEO Offpage, Domain Authority, Domain Rating, ranx Alexa, dan sebagainya. Istilah yang lama kelamaan mulai akrab di telinga saya.

Dengan berbagai ilmu yang diserap di ODOP Blogger Squad, saya pribadi berharap bisa memaksimalkan blog untuk menulis yang bermanfaat. Syukur-syukur kelak bisa menghasilkan duit dari blog.

Terakhir, buat para pije semoga sehat selalu. Semoga ilmu yang para pije sampaikan menjadi ladang pahala yang selalu mengalirkan keberkahan selamanya. Semoga ODOP Blogger Squad menjadi wadah optimasi blog yang kian bermanfaat dan membuat para bloger di ODOP makin cinta ngeblog.

6 komentar:

  1. Alhamdulillah, beruntung sekali bisa bergabung dengan teman-teman se-visi untuk belajar tentang blog di ODOP Blogger Squad

    ReplyDelete
  2. Jadi tahu sekilas awal mulanya ODOP. Bismillah niat ikutan biar nulis blog nya lebih rajin dan lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  3. Sangat tertarik dengan program yang ini... sudah ngeblog sejak lama tapi masih asal2an banget rasanya.

    Semoga bisa gabung kedepannya...

    ReplyDelete

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP