Loading...
Tuesday, March 2, 2021

Big Why, Alasan Saya Ngeblog


Jujur saya sempat bingung saat ditanya alasan ngeblog. Pasalnya selama ini ngeblog asal posting saja. Bikin akun blogger, mengisinya, sampai beli domain berbayar alias TLD (top level domain) sejak 2018, dan hanya menjalaninya sebagai aktivitas suka-suka. Ini semua gara-gara ikut salah satu program komunitas ODOP (One Day One Post) yakni ODOP Blogger Squad, Mbak Jihan memberikan tugas menuliskan Big Why mengapa harus ngeblog.

Apa itu Big Why?

Saya bukan orang yang suka berbahasa inggris, karena memang tidak menguasainya. Bacanya saja belepotan. Big Why secara kasat baca berasal dari kata besar (big) dan mengapa (why). Kata Mbak Jihan, Big Why adalah alasan kuat yang menjadi dasar mengapa seseorang harus ngeblog alias jadi bloger. Tunggu, kalian kenal nggak sih sama Mbak Jihan yang saya maksud? Walah, beliau itu emak-emak bloger militan yang banyak menang lomba menulis di blog yang dikelolanya.

Bahkan, kata Mbak Jihan (lagi), Big Why harus dijabarkan secara gamblang, detail, dan menyeluruh. Konon, jika jelas, kuat, terukur dan terarah maka 50% dari perjalanan meraih keinginan sudah kita tempuh. Big Why bisa dijadikan pedoman saat muncul berbagai kerikil masalah, tantangan, ujian dan sebagainya, saat ngeblog. Keren, kan? Big Why gitu lho!

Seberapa Penting Big Why untuk Bloger?

Big Why menjadi penting karena dalam kenyataannya, proses menjadi seorang bloger tidaklah mudah. Akan bermunculan ujian dan cobaan bertubi-tubi, di antaranya rasa malas yang menggerogoti diri, godaan nonton sinetron bagi kalian yang hobi, atau kebiasaan main media sosial sehingga mengganggu keinginan menulis konten untuk blog. Saat semua godaan itu melenakan, kita harus kembali mengintip Big Why kita agar semangat muncul lagi.

Big Why akan menyelamatkan kita dari kejenuhan menulis. Memandanginya akan menyembulkan semangat, menyalakan lagi tungku untuk memasak konten yang siap saji, sehingga blog kita benar-benar menjadi sarana berbagi yang mengenyangkan. Keren kan Big Why?

Inilah Alasan Saya Ngeblog

Setelah merenungkan apa yang selama ini mendasari saya ngeblog, ternyata memang saya punya Big Why dalam mengelola Coretan Basayev, blog asal jadi ini. Saya tuliskan sebagai cambuk kalau saya malas (terus).

Alasan saya ngeblog di Coretan Basayev


1. Berbagi cerita


Sesungguhnya saya kalem dan pendiam—setidaknya begitu kata teman-teman ODOP yang ketemu saat kopdar di Griya Langen Yogyakarta waktu itu. Namun sebagai manusia, saya senang berbagi cerita. Istilah kalian sih semacam curhatlah. Berhubung pendiam maka nggak banyak bicara. Menulislah jadi sarana saya berbagi cerita. Kalau zaman muda dulu nulisnya di buku harian bernama diari, maka zaman sekarang di blog.

2. Arsip tulisan media


Saya kebetulan sesekali nulis di koran atau majalah. Berhubung malas membuat kliping tulisan dari media cetak tersebut, maka tak ayal pelariannya adalah mengarsipkannya di blog. Saat mengunjungi blog sendiri (siapa lagi yang harus mengunjungi kalau bukan diri sendiri), maka saya akan bersemangat mengirim tulisan lagi ke media massa. Saya harus terus berusaha menembus media itu agar ada yang diarsipkan di blog.

3. Berbagi peluang menulis media


Melalui blog ini, saya juga biasa berbagi tata cara mengirim tulisan ke media massa. Saat ada coretan saya dimuat di koran atau majalah, beberapa orang menanyakan alamat email dan ketentuan tulisan yang bisa tayang di sana. Makanya, saya lebih suka menjawab dengan memberikan link ke blog ini yang bisa memberikan jawaban pertanyaan mereka. Kalau tidak menuliskan di blog, akan sangat repot tiap kali ada yang menanyakannya.

4. Tempat mengulas bacaan dan tontonan


Saya sering baca buku dan nonton film. Kadang muncul keinginan mengulas apa yang dibaca dan ditonton. Blog jadi tempat terbaik menuliskannya. Meski sekadar review suka-suka dan ala saya saja, sih. Cukuplah memancing orang lain untuk ikut minat membaca buku tersebut dan/atau menonton film tersebut.

5. Agar rajin menulis


Interaksi di blog dengan pembaca sungguh sangat menyemangati saya agar mau menulis terus. Bergabung di komunitas ODOP membuat banyak teman bloger yang bisa diajak saling kunjung blog, serulah. Dengan begitu akan memancing keinginan menulis lagi dan lagi. Semoga.

6. Nyari penghasilan


Ups, tadinya saya nggak mau memasukkan ini ke list Big Why. Tapi saat melihat kenyataan bahwa blog bisa menghasilkan duit maka saya menjadikannya Big Why. Memang masih panjang jalan ke situ, setidaknya saya mencoba memulainya dengan belajar di ODOP Blogger Squad. Mencoba ikut pusing memahami segala SEO, GA, DA/PA, dan sebagainya. Semoga kelak saya juga bisa dapat penghasilan dari blog.

Itulah sekelumit Big Why yang menjadi alasan ngeblog saya. Semoga memotivasi diri sendiri untuk tidak malas membuat kontennya. Mari diaminkan ....

4 komentar:

  1. Semoga bisa belajar seperti mas Suden Basayev yang tulisannya selain di blog tapi juga sering sekali muncul di media-media masa. Salut

    ReplyDelete
  2. aku lho lupa nama blog-ku, padahal sudah semangat mau nge-blog sehabis baca coretan Basayev ini. Ciamik soro 👍

    ReplyDelete

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP