Loading...
Tuesday, February 23, 2021

Telepon Cucu


Ceritanya, Mbok Lady Cempluk yang tinggal seorang diri di rumahnya di Weru, Sukoharjo, sedang kangen Tom Gembus. Gembus adalah anak semata wayangnya yang sudah berkeluarga dan merantau di luar Jawa.

Istri Gembus baru saja melahirkan cucu kedua Mbok Cempluk. Akibat pandemi Covid-19, Gembus belum sempat pulang sehingga simboknya itu sama sekali belum pernah bertemu si cucu.

Sebenarnya Gembus pernah membelikan gawai jadul yang hanya bisa untuk telepon dan SMS. Sayangnya, lebih sebulan ini gawai itu mati total. Suatu hari, Mbok Cempluk membawa gawai mati itu ke konter Jon Koplo untuk diperbaiki.

“HP-nya ditinggal dulu, ya, Mbok. Masih banyak antrian servisan ini,” kata Koplo.

Ya, wis, ora apa-apa ditinggal, Le. Sudah mati lama itu, semoga saja bisa nyala lagi. Wis kangen sama anak-cucu,” kata Mbok Cempluk memelas.

“Kalau begitu biar saya teleponkan Mas Gembus, Mbok. Pakai HP saya, bisa video call, jenengan bisa melihat langsung wajah mereka.”

Koplo menghubungi nomor Gembus melalui panggilan video Whatsapp. “Mas Gembus, ini Mbok Cempluk kangen minta ditelponkan,” kata Koplo kepada Gembus lewat video call.

Koplo mengarahkan Mbok Cempluk untuk mengobrol di dalam rumahnya yang menempel konter. Dengan wajah semringah, Mbok Cempluk masuk sambil memandangi layar Android milik Koplo yang menayangkan wajah Gembus. Koplo kembali ke  konter.

Mbok Cempluk juga senang bisa melihat langsung wajah cucunya yang baru berumur beberapa bulan itu. Mbok Cempluk saking gembiranya ngudang cucunya sambil nyanyi-nyanyi. Nyanyiannya tak cukup satu-dua lagu. Koplo sampai geleng-geleng.



Saat itulah Genduk Nicole datang membeli kuota. Koplo segera melayaninya. Nicole celingukan mendengar ada orang nyanyi-nyanyi tak karuan. “Itu bukannya suara Mbok Cempluk, Mas?”

“Iya, Nic.”

“Ya Allah, Mas. Sudah stres atau gimana itu?”

“Hus! Sembarangan saja kalau ngomong,” sergah Koplo.

“Lha itu nyanyi-nyanyi sendiri gitu?” kata Nicole lagi.

“Itu lagi video call sama cucunya. Lagi ngudang putu. Kamu ini sukanya buruk sangka.”

Hihihi. Oalah, begitu ta, Mas. Kirain Mbok Cempluk stres gara-gara anaknya lama enggak pulang. Lha wong nyanyinya enggak karuan begitu,” kata Nicole cekikikan.

Pengirim: Wakhid Syamsudin
Weru, Sukoharjo

Dimuat di harian Solopos edisi 22 Februari 2021

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP