Loading...
Friday, February 12, 2021

Kiat Menumbuhkan Minat Baca Anak


Para orang tua semestinya berusaha menumbuhkan minat baca anak. Membiasakan membaca sejak dini akan sangat berpengaruh bagi mereka sebagai generasi penerus yang kelak akan semakin banyak mendapati tantangan kehidupan lebih beragam.

Membaca menurut Wikipedia, merupakan kegiatan melihat tulisan bacaan dan proses memahami isi dengan bersuara atau dalam hati (Ade Husnul Khotimah, Dadan Djuanda, Dadang Kurnia (2016). "Keterampilan Membaca Cepat Dalam Menemukan Gagasan Utama". Jurnal Pena Ilmiah. 1 (1): 342. ISSN 2540-9174.). Melalui membaca, anak-anak akan terbiasa menemukan kosakata baru. Ini menjadi cara efektif membuat otak agar lebih berkembang karena dirangsang untuk memperkaya bahasa mereka.

Membaca memberi dukungan peningkatan potensi belajar anak. Kebiasaan positif yang harus dibentuk sejak dini ini akan melatih anak berpikir logis dan menggerakkan kecerdasan mereka. Orang tua mana yang tidak ingin memiliki anak yang cerdas?

Berikut beberapa cara yang bisa dipraktikkan orang tua sebagai kiat menumbuhkan minat baca anak:

  • Akrabkan dengan Buku


Omong kosong kita bisa menumbuhkan minat baca anak tanpa menyediakan buku bagi mereka. Anak harus terbiasa dekat dengan bahan bacaan yang mudah mereka jangkau. Sediakan majalah, koran, komik, dan buku yang secara umum disukai anak. Tempatkan rak buku di rumah, dekat tempat mereka bermain, sehingga kapan saja mereka tertarik bisa langsung membacanya.


Orang tua sebaiknya juga sesekali mengajak anak ke toko buku agar mereka bisa leluasa memilih sendiri buku yang disukai. Bisa juga mengajak ke perpustakaan untuk membaca di sana atau meminjam buku koleksi perpustakaan sebagai bahan bacaan di rumah.

Saat anak ulang tahun, mendapat peringkat kelas, atau memenangkan lomba apa saja, berikan hadiah berupa buku. Semakin akrab mereka dengan buku, maka semakin terbuka lebar minat mereka membaca.

  • Berikan Contoh Kebiasaan Membaca


Hal yang kadang diabaikan orang tua adalah memberikan contoh kebiasaan baik. Orang tua yang hanya memerintahkan anak begini-begitu tanpa memberikan contoh, justru hanya akan menjadikan anak tidak suka.

Luangkan waktu kita sebagai orang tua untuk duduk membaca di dekat anak-anak. Boleh sesekali kita secara spontan merespon apa yang kita baca. Kita tertawa saat ada adegan lucu dalam novel yang kita baca, kita mengangguk-anggukkan kepala saat ada bacaan yang bagus dan sangat cocok dengan kita. Anak yang melihat keasyikan membaca cenderung penasaran dengan aktivitas tersebut.

Jangan lupa, anak-anak adalah peniru. Mereka akan menyontoh apa yang mereka lihat. Orang tua bahkan tak perlu menyuruh anak begini-begitu, cukup memberikan contoh, maka anak akan turut berbuat serupa. Tak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak memberikan contoh kebiasaan membaca.

  • Beri Reward Saat Menamatkan Baca


Saat anak sudah berminat pada bacaan, arahkan agar mereka menyelesaikan sampai halaman terakhir. Menuntaskan satu buku atau komik adalah sebuah prestasi. Jangan pelit memberikan pujian dan reward bagi anak.

Ketika kiat menumbuhkan minat baca sudah menunjukkan hasil, maka harus bisa menjaga agar minat membaca itu menjadi kebiasaan. Orang tua harus bisa mendorong agar anak selalu meningkatkan daya baca. Syukur bisa menargetkan mereka baca beberapa buku dalam kurun waktu tertentu sesuai kemampuan dan kesediaan mereka secara sukarela dan ceria.

Semoga kiat menumbuhkan minat baca anak di atas bisa bermanfaat. Semoga anak-anak kita menjadikan membaca sebagai kebutuhan, sehingga banyak memperoleh pengetahuan berguna untuk meningkatkan kapasitas berpikir mereka. Semakin bagus cara berpikir semakin cerdaslah mereka.

1 komentar:

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP