Loading...
Saturday, July 11, 2020

Sharing Keseruan Nge-Blog Bersama Nova Nodiwa




Novarina Dian Wardani, author blog www.nodiwa.com berbagi kisah seru menekuni dunia kepenulisan di blog. Sesuai pengakuannya, pertama kali bikin blog pada tahun 2013, dan sempat dianggurin begitu saja, karena tidak tahu harus diapakan. Barulah 2016, mulai buat postingan, seiring bergabungnya ia pada komunitas yang mewajibkan anggotanya untuk membuat postingan setiap hari.

Tahun itu juga nama blog yang awalnya www.nodiwa.blogspot.com, berubah menjadi www.nodiwa.com, alias memakai domain yang berbayar. Saat itu Nova sudah mulai merasa nyaman dengan blog, bergabung dengan beberapa komunitas blogger, dan banyak info job dari komunitas-komunitas tersebut.

Job itu adalah menulis untuk diposting di blog, dan salah satu syaratnya adalah harus menggunakan blog dengan domain berbayar. Nova mengaku, saat itu, harga domain yang ia beli 125 ribu untuk setahun masa penggunaan.

"Job aku yang pertama datang dari stimuno. Saat itu, aku seperti tak percaya, brand ternama yang sedang campaign juga menjatuhkan pilihan dengan mengirim email padaku," kisahnya.

Wanita yang sehari-hari bekerja sebagai salah seorang ASN di Inspektorat Daerah Nganjuk ini, pada job perdana harus membuat postingan di blog, menulis tentang stimuno berupa review produk minimal 500 kata. "Aku akan dapat fee sebesar 100 ribu dan gratis produk stimuno untuk ku-review," kenangnya. "Pas dapat transferan, seneng banget dong. Meski bagi orang lain itu receh banget."

Postingan di www.nodiwa.com sebagian berisi review produk. Kadang karena ia memang pemakai produk itu, kadang dapat kiriman produk untuk di-review. "Lambat laun, ada yang melirik blog aku. Lantas menawarkan kerjasama," syukurnya. "Alhamdulillah, aku pernah bekerja sama dengan beberapa marketplace seperti Blibli dan Tokopedia. Ada juga Mataharimall.com. Kadang dapat produk gratis juga."

Kata Nova, fee dari job ini, tidak melulu transferan. Kadang berupa voucher yang bisa digunakan untuk belanja di marketplace yang menawarkan job.

Selain me-review, hingga kini, blog Nova masih dipercaya untuk job placement, di mana artikel sudah disediakan, tinggal publish di blog, dan dapat transferan. Blog itu mirip bikin postingan di media sosial semacam instagram dan facebook. Blog bertema khusus, cenderung sering dapat job. "Semua butuh proses dan perjuangan," ungkapnya.

Nova mengatakan, semua postingan harus mencerminkan blog yang nantinya jadi brand kita. "Bagiku, aku bikin postingan ya bikin aja. Nulis ya nulis aja. Ntar kalo ada yang nawarin kerjasama, alhamdulilah. Anggap bonus dari Allah."

Nova juga mengaku untuk konsisten menulis di blog memang tidak mudah baginya. Berbekal motivasi ingin berbagi lewat tulisan untuk dibaca banyak orang, ia pun menekuninya. "Yang diperlukan untuk berbisnis lewat tulisan adalah keyakinan kuat, konsisten dan tidak mudah menyerah," ungkapnya.

Untuk pemula, menurut Nova, sebaiknya mencoba blog yang gratisan dulu. Ada platform blogspot maupun wordpress. Setelah mantap nge-blog, bisa menggunakan domain atau hosting berbayar. Dulu ia pun belajar blog secara autodidak saat awal bikin blog. Hanya untuk mempercantiknya, ia minta tolong kepada teman yang kompeten.

Untuk mengawali, tidak ada kata lain selain: mulailah menulis, posting, dan biarkan orang lain membacanya. Kita tidak akan pernah tahu, tulisan yang mana sebagai pembuka pintu rezeki, bila kita tidak mencoba. "Kalau ada keyakinan, mau konsisten, dan mau terus belajar, insya Allah selalu ada jalan, termasuk membuka pintu rezeki lewat tulisan di blog," pungkasnya.

Resume ini disarikan dari obrolan kelas blog di grup WhatsApp komunitas Kopling (Komunitas Pegiat Literasi Nganjuk), pada 20 Juni 2020 dimulai pukul 19:00 WIB.

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP