Loading...
Wednesday, July 15, 2020

Poorna, Penakluk Everest Termuda


Sebuah film inspiratif berjudul Poorna. Diangkat dari kisah nyata tentang Poorna Malavath yang diperankan oleh Aditi Inamdar, seorang gadis miskin dari keluarga suku berbahasa Telugu di daerah Pakala, distrik Nizamabad di negara bagian Telangana di India, yang berhasil mencatatkan rekor sebagai pendaki puncak Everest termuda pada usia 13 tahun 11 bulan atau hitung saja 14 tahun.

Semangat belajar Poorna di tengah kemiskinan dikobarkan oleh Priya, sahabat, kakak sepupu, sekaligus tetangga sebelah rumah, yang mengenalkannya pada mimpi bersekolah. Priya sendiri harus menerima nasib sebagai gadis suku dengan kenyataan adat yakni dinikahkan muda oleh orang tuanya, yang memupus impian dan cita-citanya.

Poorna belajar di sebuah lembaga pendidikan masyarakat Kesejahteraan Sosial Negara yang para gurunya identik dengan datang terlambat dan jatah makan yang tak memperhatikan gizi. Poorna sempat kabur dari sekolah karena tidak tahan dengan perlakuan yang diterima murid-murid di sana. Dibujuk oleh Dr.R.S. Praveen Kumar yang dibintangi Rahul Bose, sang sutradara, yang menjadi pendidik baru di lembaga tersebut, Poorna pun kembali ke tempat belajarnya itu.

Salah satu adegan Poorna bersama Praveen Kumar.
Awalnya ketika liburan, Poorna nyaris pulang ke kampungnya, saat itulah Priya menelepon dan menyarankan agar ia jangan pulang karena orang tuanya berniat mengawinkannya. Poorna mengurungkan kepulangan dan tanpa berpikir panjang lekas bergabung kelompok ekstrakurikuler panjat tebing yang hendak berlatih. Dan di situlah ia ternyata menemukan sebuah kenyataan bahwa ia memiliki bakat alami memanjat tebing, dan itu diketahui Praveen Kumar.

Cerita runut seputar perjuangan menjadi atlet panjat tebing, di antara bayangan rencana kawin muda oleh keluarganya, tarik-ulur dukungan pemerintah saat hendak membentuk tim ekspedisi Everest, bahkan kematian Priya saat melahirkan yang membuatnya shock, membuat film ini penuh warna. Lebih asyik ditonton sendiri daripada diceritakan di sini.

Poorna di puncak Everest
Sepanjang film, banyak pelajaran berharga tentang mimpi dan cita-cita. I wanted to prove that girls could do anything, that social welfare students could do anything, begitu semangat yang berkobar di dada Poorna. Saya ingin membuktikan bahwa anak perempuan dapat melakukan apa saja, bahwa siswa kesejahteraan sosial dapat melakukan apa saja.

Kutipan lain dari pesan yang disampaikan pelatih tim adalah: "Tidak ada yang datang dan pergi lebih dulu dalam pendakian, yang ada kita mendaki bersama."

Poorna Malavath dalam kehidupan nyata.
Ending film ini adalah pada tanggal 25 Mei 2014, di mana Poorna Malavath dan kawannya yang berusia 16 tahun, berasal dari kasta terendah Dalit, berhasil mendaki bersama 10 penunjuk jalan asal Nepal dan dengan bangga mengibarkan bendera India di puncak Everest.

Judul: Poorna
Rilis: 31 Maret 2017
Negara: India
Bahasa: Hindi
Sutradara: Rahul Bose
Produser: Rahul Bose, Amit Patni
Pemeran: Aditi Inamdar, Harsha Vardhan, S. Maria, Rahul Bose
Sinematografi: Subhransu Das
Distributor: Pvr Pictures.

4 komentar:

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP