Loading...
Tuesday, February 11, 2020

Setiap Malam Melihat Mbak Berbaju Pink


JAKARTA kota metropolitan, namun tak lepas juga dengan cerita misteri. Seperti yang kualami dulu, sewaktu aku masih kerja di Jakarta dan tinggal di rumah kontrakan di bilangan Sumur Batu. Kala itu aku tinggal bertetangga dengan sebuah keluarga yang menempati kamar kos di seberang jalan.

Keluarga muda itu memiliki seorang anak laki-laki yang berumur sekitar 2 tahun, sebut saja nama anak itu Rio. Keluarga itu baru beberapa hari menempati kos. Namun selama itu, hampir setiap malam si anak selalu terbangun dan menangis.

Kadang di anak susah ditenangkan sampai cukup lama. Hal ini tentu sangat mengganggu tetangga kos, termasuk aku yang kadang ikut terusik malam-malam ada yang menangis. Namun tak ada tetangga yang menegur, karena takut terjadi salah paham.

Setiap siang aku bekerja di Pasar Senen, jadi jarang bisa ketemu dengan tetangga saya itu. Suatu kali, saat aku libur, kebetulan Rio sedang disuapi ibunya di depan rumah. Aku pun iseng mendekati mereka.


“Dik Rio kenapa suka nangis kalau malam?” tanyaku pada Rio, di sela ajakan bercandaku.

“Rio takut, Om,” jawab si anak dengan polos.

“Takut apa?” tanyaku lagi.

Nah, saat itulah meluncur cerita dari mulut si bocah. “Rio takut, ada Mbak pakai baju pink.”

Aku mendengar dengan saksama penuh rasa penasaran. “Mbak siapa?”

“Mbaknya nggak pakai kepala,” katanya tanpa perubahan intonasi. Aku yang mendengar omongan anak kecil mendadak merinding.

“Mbak baju pink itu jalan-jalan ke sana ke sini, Om.”

Bulu kudukku langsung berdiri!

Ibunya Rio kemudian menyambung pembicaraan. “Ya, begitulah kalau ditanya. Katanya lihat Mbak baju pink tanpa kepala. Merinding kan, Mas?”

Aku tak sanggup berkata apa-apa lagi. Bisa jadi omongan Rio benar, namun sepertinya si orang tua tak percaya dengan hal-hal seperti itu, sehingga membiarkan saja sekalipun hampir setiap malam anaknya menangis ketakutan. (Wakhid Syamsudin)

Link versi daring: https://www.harianmerapi.com/kearifan/cerita-misteri/2020/02/11/89699/setiap-malam-melihat-mbak-berbaju-pink

Dimuat di harian Merapi edisi Minggu, 8 Februari 2020

2 komentar:

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP