Loading...
Wednesday, August 14, 2019

Cegah Diabetes dengan Mengonsumsi Beberapa Makanan Penurun Gula Darah Berikut, Dijamin Ampuh!


Sebagian besar orang beranggapan penyakit diabetes hanya menyerang mereka yang berusia lanjut. Akan tetapi, faktanya penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja bahkan usia muda sekalipun lantaran gaya hidup yang diterapkan sama sekali tidak sehat. Kurangnya berolahraga dan mengonsumsi makanan ataupun minuman tinggi kadar gula adalah faktor utama seseorang bisa terkena penyakit diabetes.

Secara umum, penyakit diabetes diakibatkan karena kadar gula darah dalam tubuh meningkat drastis. Penyakit ini memiliki 2 tipe, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 disebabkan karena rusaknya sistem kekebalan tubuh sehingga sistem tersebut menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas tempat memproduksi insulin. Sedangkan diabetes tipe 2 bisa terjadi akibat sel-sel tubuh yang kurang sensitif terhadap insulin. Padahal insulin sangat berperan penting dalam mengelola gula darah menjadi energi untuk tubuh.

Untuk mengurangi risiko penyakit diabetes, dokter selalu menyarankan untuk mengonsumsi makanan penurun gula darah bagi penderika penyakit tersebut. Dilansir dari Health Promotion Board Singapura, mengonsumsi nasi putih dalam jumlah lebih sangat berpotensi menyebabkan diabetes dibandingkan minuman bersoda. Karena kandungan zat pati yang terdapat dalam nasi putih disinyalir bisa membebani tubuh dengan gula darah. Kamu bisa beralih mengonsumsi nasi merah yang terbilang aman karena memiliki indeks glikemik rendah.

Selain nasi merah, ternyata 4 makanan dibawah ini sangat aman dikonsumsi sebagai makanan penurun gula darah lho. Apa sajakah itu? Yuk, simak penjelasannya.

1. Brokoli

Brokoli bisa jadi makanan yang tepat untuk kamu masukkan dalam menu makanan penurun gula darah sehari-hari. Kandungan brokoli yang kaya akan sulforphane dan kromium diketahui mampu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat meningginya kadar gula dan mendorong peningkataan insulin dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi brokoli dengan cara dikukus ataupun dimakan mentah dengan tambahan salad dan minyak zaitun agar tidak terasa hambar. Pastikan pula brokoli yang dikonsumsi dalam keadaan segar dan berwarna sedikit gelap ya.

2. Telur

Makanan penurun gula darah lainnya yang sangat mudah ditemukan dan harganya relatif murah adalah telur. Beragam kandungan bermanfaat yang terdapat didalam telur disinyalir mampu menjaga produksi insulin agar tetap stabil. Dilansir dari hellosehat.com, telur memiliki semua asam amino esensial yang sangat dibutuhkan tubuh. Satu telur ayam setara dengan 7 gram potein, 75 kalori dan 5 gram lemak yang mana artinya telur tidak akan membuat kamu gemuk. Walaupun diperkaya dengan protein dan kalori yang tepat, tetap saja telur atau makanan lainnya tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan ya.

3. Jagung
Siapa sih yang tidak menyukai makanan yang satu ini? Rasanya yang manis dan cocok dikonsumsi saat nongkrong bersama teman, ternyata bisa dijadikan makanan penurun gula darah loh. Kandungan karbohidrat dan air didalam jagung bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Karena indeks glikemik pada jangung hanya berkisar 48. Dengan mengonsumsi jagung secara teratur, tentunya dapat membantu tubuh mengontrol gula darah.

4. Dark Chocolate

Jika merasa bosan dengan sayuran, maka kamu bisa mencoba mengonsumsi dark chocolate atau cokelat hitam sebagai makanan penurun gula darah. Kandungan yang terdapat dalam dark chocolate dinilai mampu meningkatkan sensitivitas insulin. Selain cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes, nyatanya dark chocolate juga berkhasiat untuk mengurangi tekanan darah tinggi pada orang dewasa. Hal ini karena adanya kandungan flavonoid yang terdapat didalam dark chocolate. Selama mengonsumsinya dalam batas wajar, kamu bisa membeli dark chocolate yang sudah dilabeli bebas gula pada kemasan produk. Cek pula komposisi cokelat tersebut untuk memastikan apakah produk itu benar-benar bebas gula atau tidak.

Itulah beberapa makanan penurun gula darah yang bisa kamu konsumsi dirumah. Jangan lupa untuk rutin tes gula darahmu di rumah sakit ya, agar dokter bisa mengambil tindakan tepat untuk pengobatan. Informasi lainnya mengenai makanan penurun gula darah bisa kamu baca melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/hari-diabetes-ini-5-makanan-penurun-gula-darah/.

2 komentar:

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP