Loading...
Thursday, March 28, 2019

Sungguh-Sungguh Terjadi


Rubrik Sungguh-Sungguh Terjadi atau kita singkat saja dengan SST, ya. Merupakan sebuah rubrik sangat sederhana yang setiap hari muncul di halaman depan Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta (KR Jogja) pada pojok kanan bawah. Rubrik ini serupa dengan rubrik Terjadi Sungguh-Sungguh milik Koran Merapi.

SST memuat tulisan satu paragraf kiriman pembaca yang berisi kejadian unik atau lucu yang bisa saja terjadi di sekitar kita. Meski hanya beberapa kalimat saja, tapi KR Jogja mengapresiasinya dengan honor senilai 50 ribu. Sangat besar untuk ukuran tulisan sependek itu sih.

Cara mengirim SST adalah dengan menuliskannya di kartu pos atau selembar kertas, lalu mengirimkannya lewat kantor pos ke alamat redaksi KR Jogja berikut ini: 

Redaksi Kedaulatan Rakyat
Jl. P. Mangkubumi No. 40 - 46
Yogyakarta
Telp. (0274) 3155542 / Fax . (0274) 550890

Kalau pakai kartu pos tinggal tulis alamat pengirim dan tujuan sebelum diposkan. Kalau di kertas lain, harus dimasukkan amplop, alamat tulis pada amplop dan mengirimkannya via pos. Jangan lupa tulis nama rubrik di pojok atas amplop TERJADI SUNGGUH-SUNGGUH.

Berikut ini contoh coretan SST tulisan istri saya, yang ditulis pada selembar kartu pos dan dikirim lewat pos tanggal 1 Maret 2019. Dan tidak menunggu lama, berhasil dimuat pada hari Minggu, 10 Maret 2019. Berikut ini naskah asli dan naskah yang dimuat, kena sunting sedemikian rupa dari Redaksi.

Tulisan tangan asli.

SST Minggu, 10 Maret 2019
Dan honor dikirim lewat wesel pos, sejumlah 48.500 rupiah. Asumsi saya, honornya 50 ribu kena potong pajak jadi sisa 48.500. Lumayan kan, untuk tulisan sependek itu. Oh iya, kemarin ongkos kirim via pos tarifnya 13 ribu rupiah dari Weru, Sukoharjo ke KR Jogja.

  

Bagaimana? Mau coba ikut kirim SST ke KR Jogja? Untuk mengecek apakah tulisan SST kita dimuat di sana, kita bisa melihatnya pada epaper KR Jogja. Klik di sini

Tidak ada alasan untuk tidak menulis. Hehehe.

7 komentar:

  1. Pengen coba juga sih.. walau pada akhirnya nanti insentifnya hampir sama dengan TSSnya Koran Merapi setelah kena pangkas ini-itu. 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau TSS mah gak perlu modal ngeposin. Gak dimuat gak rugi. :p

      Delete
  2. Wah, mantap ya honornya bisa buat beli minyak goreng

    ReplyDelete
  3. Aku masih agak gimana gitu ke Kantor Pos. Lama nggak ke sana sih.

    ReplyDelete
  4. boleh kejadian di luar daerah pulau jawa gak?? misal kejadian di pulau kalimantan tempat tinggl saya gimana mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja boleh. Tapi ongkir pos mahal kan? Mending TSS koran Merapi via email.

      Delete

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP