Loading...
Tuesday, March 19, 2019

Membaca Karya Penulis Nobel






Bergabung dalam Reading Challenge ODOP, dengan seabreg tantangan membaca tiap levelnya, mambuat saya mulai peduli untuk mengenal penulis-penulis keren dengan karya-karyanya yang mantap betul. Pada level akhir RCO kali ini, pije menantang membaca buku buah karya penulis yang pernah meraih Nobel di bidang sastra.

Pada level sebelumnya, saya sudah membaca tulisan Ernest Hemingway yang berjudul Lelaki Tua dan Laut, bahkan memaksakan diri mengunyah versi bahasa Inggrisnya berjudul The Old Man and The Sea. Dan semua dalam ujud ebook berformat PDF.

Kali ini saya memilih novel berjudul Orang Asing karya Albert Camus. Novel tipis yang menggunakan sudut pandang orang pertama ini terbit pertama kali dalam bahasa Prancis dengan judul L’Etranger pada tahun 1942, kemudian diterjemahkan ke bahasa Inggris dengan judul The Outsider dan The Stranger.
Ini adalah novel filsafat yang mengusung tema absurd dan eksistensi yang secara permukaan tidak menghadirkan pergolakan emosi yang mengaduk-aduk, namun sesungguhnya memiliki makna yang sangat mendalam. Orang Asing juga menjadi kritik Albert Camus atas hukuman mati yang saat itu diterapkan.

Novel ini masuk dalam daftar 1001 Books You Must Read Before You Die. Dan saya sudah kelar membacanya.

Terima kasih pije RCO, Mas Lutfi dan Mbak Sovia, yang sudah memaksa saya membaca tulisan berbobot agar saya melek pada dunia sastra yang sesungguhnya. Semoga saya bisa banyak belajar menulis dari membaca. Sukses selalu buat RCO.

#ReadingChallengeODOP

2 komentar:

  1. menarik kata-kata 1001 Books You Must Read Before You Die, :))

    ReplyDelete

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP