Loading...
Saturday, November 3, 2018

Saat Sang Legenda Gagal Perform


Begitu komputer menyala, sambil bersiap menggarap tumpukan pekerjaan, saya nyalakan YouTube berniat memutar lagu lawas, slow rock tembang band Malaysia tahun 90-an. Tiba-tiba mata tertumbuk pada salah satu video rekomendasi yang judulnya membuat penasaran: Momen Sedih. Zamani Gagal Nyanyi. Segera saya putar unggahan dari akun Budiey Channel yang sudah ditonton lebih dari 1 juta pengunjung itu, dan saya ikut terharu.

Siapa sih Zamani? Zamani bin Ibrahim adalah vokalis band asal negeri jiran yang terkenal pada tahun 1990an, yaitu kumpulan Slam yang dianggotainya dari 1994 hingga 1999, sebelum kemudian ia bersolo karir pada tahun 2002. Anak 90-an zaman tenar-tenarnya grup band Malaysia menjajah tanah air tercinta, pasti kenal Slam dengan tembang-tembang popular mereka; Gerimis Mengundang, Rindiani, Jika Kau Rasa Getarnya, dan sebagainya.

Dalam video berdurasi 9 menit 15 detik itu, terlihat Zamani yang tampil dalam sebuah acara televisi. Malangnya suaranya mendadak hilang bahkan dari detik pertama masuk ke lagu, dia sama sekali tidak bisa bernyanyi! Ia mengangkat tangan meminta maaf pada penonton. Justru saat itulah, ruh seorang legenda menyeruak. Seluruh penonton langsung memberikan dukungan luar biasa, mereka kompak berkoor ria melantunkan lagu Mengapa Perpisahan yang Kau Pinta, yang sedianya akan dinyanyikan Zamani.

Peristiwa ini terjadi saat Zamani jadi bintang tamu pada program Gegar Vaganza musim kelima (GV5) pada Ahad, 28 Oktober 2018 kemarin. Pada situasi tidak terduga itu, kedua host, Nabil Ahmad dan Jihan Muse, segera naik pentas dan menemani Zamani menyelesaikan lagu yang dilantunkan beramai-ramai oleh penonton satu studio yang notabene juga para penggemar Zamani. Bahkan seluruh artis yang hadir, para penyanyi yang berkompetisi pada program ini, juga dewan juri, semua memberikan support dengan turut serta bernyanyi.


Bisa dipastikan sepanjang lagu, rata-rata peminat setia Zamani Slam mengalirkan air mata melihat keadaan penyanyi pujaan mereka kaku di atas pentas dengan alunan musik masih kedengaran. Kejadian ini menunjukkan sejauh mana Zamani menjadi legenda musik di Malaysia.

Meski sangat sedih, tapi Zamani sangat berterima kasih pada para penonton atas dukungan mereka. Ia juga sangat meminta maaf atas kondisinya. Ternyata, Zamani memang sedang dalam kondisi sakit saat harus tampil mengisi acara tersebut. Kejadian ini akan menjadi ingatan bagi para penggemarnya, menunjukkan bahwa dia adalah sebenar-benar legenda.

AC Mizal sebagai juri program Gegar Vaganza mengaku sepanjang 27 tahun kariernya di dalam industri musik, baru kali ini menyaksikan situasi seperti ini menimpa seorang legenda. "Inilah masalah yang mungkin orang tak faham mengenai penghibur. Tapi awak sangat berani. Hari ini awak sudah membuktikan betapa lagendanya anda apabila awak tak perlu nyanyi tetapi peminat dan penonton yang tolong menyanyikan untuk awak," katanya.

Khatijah Ibrahim, juri lain, yang biasa disapa dengan panggilan Ibu Khaty, mengamini komentar AC Mizal. Ia turut menyampaikan kata-kata semangat kepada Zamani. "Ini harus diteruskan kerana apa yang awak buat, mana orang pergi, tak boleh menyanyi pun orang tetap suka. Jangan risau, we love you," katanya.

Sungguh mengharukan. Semoga segera sehat, Zamani, selalu ditunggu penampilanmu. Para penggemarmu tidak akan pernah meninggalkanmu.

10 komentar:

  1. Replies
    1. Hahaha, kamu kan anak ingusan kemarin sore, Nis.

      Delete
  2. Grup Slam masih ingat, klo zamani sendiri kok lupa penampakannya..

    ReplyDelete
  3. Ya Allah baek bgt penontonnya enggak nge-bully 😣 sama aku pun baru denger Zamani 😅 maupun Slam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke oke... Ternyata hanya aku yang tahu.

      Delete
  4. Aku bukan anak ingusan taoi aku juga ngga kenal mas siapa Zamani ityu. Pasti karena bukan lagu melayu yang kudengar pas itu. Tapi klo Ami Search kok tau ya? Dan aku sering baca ttg penyanyi yg berjuang mengembalikan suara karena suara yang bener2 ilang vocal nodules atau apa gitu namanya. Ngeriiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, Amy Search lebih terkenal dengan Issabella-nya, Mbak. :)

      Delete

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP