Loading...
Friday, April 27, 2018

Umar Mukhtar Sang Singa Padang Pasir


Saya baru kelar membaca sebuah buku terbitan Jazera, 2007, berjudul Umar Mukhtar, Napak Tilas Jihad Sang Singa Padang Pasir buah karya Dr. Ali Ash-Shallabi (judul asli: Umar Mukhtar, Hayatuhu wa Jihaduhu). Ini adalah buku nonfiksi sejarah yang menceritakan perjalanan jihad Islam di Libia melawan kekuatan Fasis Italia yang ditakuti di seluruh Eropa. Dipimpin mujahid besar yang tetap harum namanya hingga kini: Umar Mukhtar.

Dalam buku setebal 296 halaman ini, kita akan dibuat terpana dengan sosok mujahid sejati yang cerdas, pemahaman Islam yang tinggi, tidak kenal menyerah, ikhlas, kuat dan setiap serangannya menggentarkan para tentara lawan. Di hadapan musuhnya, Sang Singa Padang Pasir menegaskan: "Kami berperang karena Islam memerintahkan untuk melakukan hal itu!"

Kunci kehebatan Umar Mukhtar yang sangat unik adalah, bahwa dia beriman kepada Allah Taala dan semua makna dari keimanan tertanam kokoh dalam hatinya, sehingga dia tidak takut kepada siapa pun selaik Allah Azza wa Jalla.

Umar Mukhtar adalah sosok dai didikan As-Sanusiyah, yang dewasa dan tumbuh berkembang dengan melaksanakan risalah dakwah, menyampaikan amanah, memberikan peringatan serta kabar gembira. Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya. Bahkan wiridnya Umar Mukhtar adalah membaca Quran.

Dia sangat paham agama, menerima ajarannya secara utuh menyeluruh dan tidak parsial. Tidak boleh mengambil sebagian dan meninggalkan sebagian yang lain. Dalam berjihad melawan kekuatan kolonial, Umar Mukhtar ikhlas semata mencari ridha Allah, sama sekali tidak mengejar popularitas.

Setiap kali pecah peperangan, bisa dipastikan kerugian demi kerugian yang cukup besar diderita penjajah Italia. Inilah kehebatan Umar Mukhtar dalam mengatur strategi perang. Cerdas dan selalu dengan perhitungan matang. Berjuang sampai usia lanjut dan akhirnya tertangkap, Umar Mukhtar pun tidak takut dengan tiang gantungan!

Salah satu ketertarikan saya membaca buku ini adalah berkat film Lion of The Desert yang pernah saya tonton. Kebetulan saya punya kaset VCD orinya. Dalam film dengan Umar Mukhtar sebagai tokoh sentralnya itu, terlihat jelas pertempuran demi pertempuran berhasil dimenangkan meski hanya berkuda sedang lawan menaiki kendaraan-kendaraan lapis baja. Kekejaman Italia terutama Jendral Grazziani yang tidak punya rasa kemanusiaan, membunuh siapa saja yang ditemui, orang tua, perempuan, dan anak-anak tak berdosa.

Di bawah ini bisa dilihat trailer film besutan Moustapha Akkad dengan pemeran utama Anthony Quinn sebagai Sang Singa Padang Pasir.



Saya merasa sudah komplit, menyaksikan film dan membaca buku yang informatif, sangat detail menjelaskan fase demi fase perang Libia ini.

Sebagai umat Islam, sudah seharusnya kita membaca sejarah sehebat ini. Umar Mukhtar bukan hanya menjadi pahlawan bagi Libia, lebih dari itu, dia adalah simbol mujahid sejati yang bisa dijadikan panutan bagi kaum muslimin dunia.

#tugasRCO3
#Tugas1Level3
#OneDayOnePost

6 komentar:

  1. Tiba-tiba haru bacanya.
    Wajib jadi bahan bacaan dan renungan nih.
    Makasih Mas Wakhid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Isnania. Dari sejarah kita mencari hikmah.

      Delete
  2. Takjub.perjuangan beliau luar biasa (h)

    ReplyDelete
  3. Benar sekali mbak Riovani, sungguh luar biasa.

    ReplyDelete

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP