Loading...
Tuesday, January 9, 2018

Para Penulis Hebat Membuka Rahasia Mereka tentang Setting Lokasi


Judul: Rahasia Penulis Hebat: Membangun Setting Lokasi
Penulis: Akmal Nasery Basral, dkk
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: vi + 123 halaman

Buku berjudul Rahasia Penulis Hebat ini merupakan serial, dan ini buku kedua dengan sub judul Membangun Setting Lokasi. Buku ini disusun oleh Gol A Gong selaku pendiri Rumah Dunia, dan seluruh royalti penjualan buku ini didedikasikan untuk Rumah Dunia.

Buku setebal 123 halaman isi ini memuat tulisan 14 penulis hebat, yakni Akmal Nasery Basral, Ary Nilandari, Benny Arnas, Ceko Spy, Chairil Gibran Ramadhan, Clara Ng, Gol A Gong, Hanna Fransisca, Hilal Ahmad, Ifa Avianty, Iwok Abqary, Reni Erina, Sunlie Thomas Alexander, dan Tria Ayu K. Semua penulis mengisahkan tentang proses kreatif dan tips-tips mereka dalam membangun setting lokasi pada tulisan-tulisan fiksi mereka, baik itu cerpen ataupun novel.

Secara umum, setting atau latar suatu tulisan dibagi menjadi 3, yakni setting lokasi, setting waktu, dan setting sosial. Setting lokasi adalah latar tempat terjadinya cerita fiksi yang dibuat, setting waktu tentu adalah kapan terjadinya peristiwa dalam cerita, sementara setting sosial lebih kompleks karena mencakup kebiasaan hidup, adat istiadat, tradisi, keyakinan yang menjadi penanda status sosial tokoh dalam fiksi yang dibuat. Dan buku ini mengupas tuntas proses kreatif ke-14 penulis hebat di atas bagaimana menyajikan setting lokasi yang benar-benar menghidupkan cerita.

Menurut Ary Nilandari, pembaca tidak hanya ingin mengetahui apa yang terjadi pada siapa, tetapi juga di mana dan mengapa harus di sana. Tentunya, jawaban akan tersampaikan jika setting lokasi dipilih dan digambarkan secara cermat.

Untuk mendapatkan setting lokasi yang bagus, penulis bisa melakukan riset, meneliti ke lokasi, membayangkan tempat yang dikunjungi, browsing mesin pencari, mendengarkan orang bercerita, atau bahkan bisa dengan mengarang tempat yang diinginkan. Tapi semua harus logis agar pembaca bisa turut merasa memasuki lokasi tersebut.

Selain memberikan tips dan rahasia proses kreatif mereka, para penulis juga menyajikan beberapa contoh tulisan setting lokasi pada beberapa paragraf hasil karya mereka.

Buku ini sangat bagus, enak disimak karena penyampaiannya dengan gaya bertutur yang tidak membosankan. Sangat baik dibaca para penulis pemula yang ingin menguatkan kisah yang ditulis dengan setting lokasi yang dibangun dengan baik.

1 komentar:

  1. Recommended banget nih...jadi pengin.

    Terkadang meskipun sudah pernah ke tempat yang digunakan sebagai setting cerita, mendeskripsikannya biar menarik itu yang masih kesusahan.

    ReplyDelete

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP