Loading...
Tuesday, January 30, 2018

Belajar Non Fiksi bersama Mbak Nova



Pada hari Senin, 29 Januari 2018, di grup besar WhatsApp One Day One Post Batch 5, berlangsung kelas Non Fiksi yang dimulai pukul 20.00 WIB sampai selesai. Materi disampaikan oleh seorang kartini masa kini yakni Mbak Nova, pemilik blog http://nodiwa.com. Dan alhamdulillah saya bisa mengintip ke sana meski jadi silent reader.

Mbak Nova memulai dengan menjelaskan pengertian dari jenis tulisan yang beliau pilih. "Non fiksi adalah sebuah tulisan yang dibuat berdasarkan fakta, realita atau hal-hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Non fiksi adalah karya seni yang bersifat faktual. Hal-hal yang terkandung di dalamnya adalah nyata. Informasi, data dan fakta dalam tulisan non fiksi harus dipaparkan dengan benar tanpa rekayasa atau ditambahi imajinasi penulis."

Kemudian blogger yang tinggal di Nganjuk, Jawa Timur ini memberikan beberapa contoh yang termasuk tulisan non fiksi. "Artikel, review, reportase, dan opini adalah contoh jenis ini," kata beliau.

Dari pemaparan perempuan yang kesehariannya mengenakan seragam PNS untuk bekerja di Pemda Kabupaten Nganjuk ini, bisa disimpulkan ciri-ciri tulisan non fiksi antara lain :

1. Ide tulisan jelas, logis dan dipaparkan secara sistematis
2. Berisi informasi sesuai fakta
3. Penggunaan kata-kata yang baku sesuai Ejaan Bahasa Indonesia

"Membuat curhatan kita menjadi lebih terlihat elegan sebagai tulisan non fiksi, ya antara lain jangan terlalu banyak menggunakan kata-kata lebay, kalimatnya harus positif, dan pesan tersampaikan," jelas ibunda dari Rafa ini.

"Intinya ya menulis saja. Baca ulang. Ada nggak kalimat yang bikin bosan atau terkesan menggurui. Kalau kita saja bosan baca tulisan sendiri, bagaimana dengan orang lain?" Salah satu tips yang disampaikan Mbak Nova.

Ketika adanya peserta yang bertanya apakah non fiksi harus selalu menggunakan kalimat yang baku, beliau menjawab, "Menurutku tergantung ya. Misal untuk penulisan karya ilmiah harus menggunakan kalimat baku. Tapi untuk artikel, feature, bolehlah ada kalimat tidak baku. Tapi porsinya dibatasi."

Mbak Nova menjelaskan dan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan peserta dengan baik dan runut. Saya sendiri yang cenderung ke dunia fiksi memang berusaha menimba ilmu langsung dari beliau yang seorang pembelajar tulisan non fiksi. Paparan beliau sangat bermanfaat. Terutama buat saya, ceritanya balada anak fiksi berguru ilmu non fiksi. Hehehe ....

#30DWCday20

21 komentar:

  1. Bagus materinya, saya ikutan kelas non fiksi kemarin dengan mbak nova. Saya sendiri memang lebih suka nulis non fiksi dibanding fiksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat terus ya berkarya utk kebaikan.

      Delete
  2. Balada seragam Kartini kah ini judulnya untuk para penjaga planet semua?? Keren keren euyyyy

    ReplyDelete
  3. Asyik bisa intip kamar odop5 disini

    ReplyDelete

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP