√ Agar Tak Terlewat, Gunakan Bot Telegram Pengingat Waktu Salat - Coretan Basayev

Agar Tak Terlewat, Gunakan Bot Telegram Pengingat Waktu Salat

  

Kesibukan manusia kian hari kian bertambah saja. Hal itu seiring dengan tuntutan kehidupan yang semakin padat dan penuh persaingan. Sementara sebagai seorang Muslim, kita memiliki kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan yakni salat 5 waktu. Kadang, kita merasa sangat butuh pengingat agar tidak terlewat ketika waktu salat telah tiba.

Kali ini, kita akan memanfaatkan Bot (robot) dari aplikasi Telegram. Sudah tahu kan, aplikasi Telegram? Aplikasi ini hampir sama persis dengan aplikasi WhatsApp. Hanya ada perbedaan tertentu di fitur dari keduanya, yang masing-masing membawa kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri.

Aplikasi perpesanan Telegram bisa diunduh oleh smartphone berbasis Android di PlayStore. Setelah mengunduh dan mendaftarkan diri pada aplikasi ini, kita bisa memanfaatkan layanan Bot yang ada pada Telegram. Bot kali ini adalah Bot pengingat waktu salat. Namanya @ID_AzanBot.

Buka Telegram, cari @ID_AzanBot pada kolom pencarian. Atau klik tautan ini: https://t.me/ID_AzanBot. Maka pertama kali kita menemukannya, akan tampil seperti ini:

  
Klik MULAI untuk mengawali. Maka tampilan berikutnya seperti screenshot di bawah ini. Kita diminta menyetel zona tempat kita tinggal agar jadwal salat yang didapatkan nanti bisa akurat. Caranya dengan mengetik /setting.



Setelah itu kita akan mendapati opsi Zona untuk menyetel lokasi kita. Ada opsi lain di bawahnya yakni pilihan apakah perlu setting notifikasi Imsak dan Terbit, abaikan kalau tidak memerlukan. Lalu ada juga Reminder (menit), maksudnya kita perlu diingatkan berapa menit sebelum tiba waktu salat. Pilih 0 agar reminder tepat di waktu salat tiba.

Ketika memilih menu Zona, akan tampil Provinsi yang bisa kita pilih seperti tampilan berikut ini:

Pilih sesuai Provinsi tempat tinggal kita. Saya ambil contoh Jawa Tengah. Maka akan muncul nama kota Kabupaten yang bisa kita pilih:

Saya memilih Sukoharjo, maka akan tampil seperti ini:

Sampai pada step ini, kita sudah akan mendapat notifikasi berupa pesan masuk di Bot ini ketika waktu salat tiba. Untuk menampilkan menu lainnya silakan ketik garis miring (/) maka akan muncul opsinya.

Mudah sekali, bukan? Berikut ini contoh screenshot reminder berupa pesan masuk yang muncul tepat saat waktu salat tiba.

Adapun data waktu salat pada Bot ini diambil dari data Kementrian Agama Republik Indonesia, jadi kita tidak perlu meragukan kebenaran datanya.

Semoga bermanfaat.

Get notifications from this blog

10 komentar

  1. bermanfaat bgt nih tulisannya, cus ah, mo nyoba dulu Bot Azan nya (h)

    Makasih lho

    BalasHapus
  2. Semoga jadi amal jariyah bagi yg bikin bot nya. Aamiin.

    BalasHapus
  3. Woahh kerenn...
    Teknologi kalau dimanfaatkan dengan baik bisa sangat berfaedah ya

    BalasHapus
  4. Bermanfaat banget nih, padahal tele ku isinya cuma kelas online dan katalog produk aja 😂

    BalasHapus
  5. Untuk mendapatkan suara notifikasi berupa adzan tuk hp Sony bk profil bot adzan trs plh notifikasi trs kustomisasi trs plh menu mp3 d gallery. Cari mp3 adzan aktifkan beres. Mk notifikasi bot bkn sekedar text tp ada suara adzan jg 😀

    BalasHapus
  6. Express the task goals and how they identify with the business destinations expressed previously. smm panel

    BalasHapus

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.