Loading...
Thursday, November 2, 2017

Samuel Benedict: Medali Emas dari Sampah Rambut


Nama Indonesia berkibar harum di kancah dunia Genius Olympiad 2017, Oswego, Amerika Serikat. Merupakan ajang internasional tahunan yang diselenggarakan Terra Science and Foundation dan State University of New York, yang memperlombakan sains, bisnis, seni visual dan pertunjukan, karya tulis, dan lain-lain.

Adalah Samuel Benedict (17), siswa kelas 12 IPA dari SMA Santa Laurensia, Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan, berhasil meraih medali emas bidang kimia, di ajang internasional tersebut, pada 12-17 Juni 2017 lalu.

Samuel menceritakan tentang penelitiannya yang membanggakan bangsa ini. "Saya potong rambut di salon, melihat tumpukan sampah rambut banyak sekali tidak terpakai," katanya.

Bersama temannya, Cristopher Richard (17), dia mencari tahu kandungan yang ada pada rambut melalui internet. Dukungan ruang laboraturium yang lengkap di sekolahnya, akhirnya terciptalah penelitian hebat ini.

"Ikatan sulfida (tahan asam) dan zat kerotin pada rambut, saya campur dengan cat buatan saya sendiri, jadilah zat antikorosi. Proses penelitian dan ekstrasinya 1,5 bulan," Samuel menjelaskan.

Samuel memang tidak serta-merta berhasil. Beberapa kali percobaan penelitiannya mengalami kegagalan. Namun berkat ketekunannya bersama Cristhoper, akhirnya berhasil menggabungkan semua zat itu menjadi cat antikarat pada besi.

Pihak sekolah melombakan penelitian ini pada tingkat nasional dan menang. Akhirnya majulah Samuel ditemani Cristopher ke ajang bergengsi tingkat internasional, Genius Olympiad 2017 di Amerika Serikat.

"Kami sempat minder saat melihat saingan yang project-nya lebih bagus. Bahkan ada yang identifikasi leukemia sejak dini, soal kanker, kan berat-berat itu," kenang Samuel.

Dengan semaksimal mungkin dalam mempersiapkan bahan penelitian sekaligus presentasi yang totalitas di depan juri, tanpa disangka penelitian tentang limbah rambut dengan cat menjadi perhatian para juri. Dan akhirnya, menang, meraih medali emas bidang kimia.

"Cat dengan ekstrak keratin lebih tahan asam dan besi yang dilapisi cat ini tidak mudah korosi," jelas Samuel.

Selamat buat Samuel Benedict dan Cristopher Richard atas prestasi yang membanggakan ini. Semoga menjadi inspirasi bagi para generasi muda untuk memaksimalkan segala potensi.

Referensi: sindonews, kompas, dan republika

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa beri komentar, ya... Semoga jadi ajang silaturahim kita.

 
TOP